Kader PDI Perjuangan Menangkan Pemilukada PALI

77
Heri Amalindo-Soemarjono

PALI, SumselSatu.com

Kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Heri Amalindo, berhasil memenangkan Pemilukada Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) 2020.

Dalam Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) PALI, Selasa (15/12/2020), diketahui Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati PALI Nomor Urut 02 Heri Amalindo-Soemarjono (HERO) mendapatkan 51863 suara. Sedangkan Paslon Bupati-Wakil Bupati Nomor Urut 01 Devi Harianto-Darmadi Suhaimi (DH-DS) mendapatkan 51205 suara.

Usai rapat pleno, Ketua KPU PALI Sunario, SE, mengatakan, berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara dari kecamatan, ada selisih 658 suara antara HERO dengan DH-DS.

“Paslon Nomor Urut 02 unggul atas Paslon Nomor Urut 01, dengan selisih suara sebesar 658,” ujar Sunario.

Dia menyampaikan, ada 104,730 ribu warga yang memilih atau mencoblos pada 9 Desember lalu. Angka itu 80% dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilukada PALI yang tercatat 129,849 ribu nama. Surat suara tidak sah sebanyak 1662 lembar.

RAPAT PLENO—–Suasana Rapat Pleno KPU PALI, Selasa (15/12/2020).
(FOTO: SS1/HABIBI)

Terkait saksi Paslon Nomor Urut 01 yang tidak menandatangani rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten, serta akan menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK), Sunario menyatakan, hal itu hak Paslon Nomor Urut 01.

“Kami juga akan menyiapkan data-datanya. Namun sebelum itu, kami juga ingin mengetahui terlebih dahulu gugatan apa saja yang dilayangkan oleh mereka,” katanya.

“Bilamana dalam waktu tiga hari (setelah rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara oleh KPU PALI-red), belum ada gugatan dan terdaftar di Mahkamah Konstitusi, maka KPU PALI akan melanjutkan tahapan Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Periode 2020-2025,” kata Sunario.

Sunario mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati PALI Periode 2020-2025.

Pasangan HERO diusung dan didukung PDI Perjuangan, Partai Golkar, PKS, Partai Nasdem, Partai Gerindra, Partai Perindo, PP, dan PKB. Sebelum mengikuti Pemilukada, Heri Amalindo adalah Bupati PALI. Sedangkan penantangnya, Paslon Bupati-Wakil Bupati Nomor Urut 1 Devi Harianto-Darmadi Suhaimi yang diusung dan didukung Partai Demokrat, PAN, dan Partai Hanura. #abi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here