Menhub Jajal LRT Palembang

85
Menhub Budi Karya Sumadi dan rombongan saat menjajal LRT, Minggu (27/5). (FOTO: SS1/Mardiansyah)

Palembang, SumselSatu.com

Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia (RI) RI Budi Karya Sumadi, Minggu (27/5) pagi, ikut menjajal light rail transit (LRT) di Palembang saat dilakukan uji dinamis terhadap angkutan massal perkotaan tersebut.

“Alhamdulillah, saya bisa ikut uji coba dan sudah nampak hasil karya anak bangsa yang membanggakan,” ujar Menhub.

Menhub sengaja melakukan kunjungan kerja ke Palembang karena pihaknya berusaha memastikan perkembangan pengerjaan LRT Palembang sudah sesuai dengan perencanaan. Sarana transportasi ini dijadwalkan selesai Juli sebelum Asian Games 2018.

LRT Palembang sukses menjalani uji dinamis dengan penumpang Menhub RI Budi Karya Sumadi dan rombongan beserta awak media, Minggu (27/5). (FOTO: SS1/Yanti).

Menhub menjelaskan, pihaknya sudah mempercayakan operasional LRT kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang profesional dalam urusan mengangkut penumpang.

“Kami ingin mengangkut penumpang dengan harga terjangkau tapi profesional, PT KAI sendiri sudah mengembangkan kompetensi SDM-nya dengan pendidikan di berbagai bidang pelayanan, manajemen, marketing, dan teknis,” katanya.

Jika LRT sudah dioperasikan, lanjut Menhub, pihaknya akan memfokuskan integrasi moda transportasi massal tersebut dengan angkutan umum lain seperti Transmusi dan bus air.

“Saya ingin ketika semua moda transportasi massa sudah aktif dan terintegrasi, Kota Palembang bisa menjadi contoh bagi daerah lain dalam mengatasi kemacetan dengan moda transportasi massa,” jelasnya.

Soal tarif, Menhub menyebut angka Rp5000 untuk tarif penumpang dalam kota. Sedangkan penumpang dari dan ke bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II dipatok Rp20.000. “15 Juli LRT ini sudah beroperasi,” ujar Menhub. #ard/nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here