Pendaftaran PPDB SMA Dibuka 25 Juni

78
Kabid SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Bonny Syafrian. (FOTO: SS1/Yanti)

Palembang, SumselSatu.com

Pendaftaran Penerimaan Peserta DidikĀ  Baru (PPDB) SMA Negeri di Sumatera Selatan (Sumsel) mulai dibuka pada 25 Juni dan berakhir 29 Juni 2018. Pendaftaran dapat dilakukan melalui website sekolah masing-masing.

Kabid SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Bonny Syafrian, Senin (4/6), mengatakan, jika ada sekolah yang ingin lebih dulu membuka pendaftaran, tidak apa-apa. Namun pendaftarsn terakhir ditetapkan 29 Juni.

“Tes potensi akademik dilaksanakan 30 Juni. Selanjutnya 5 Juli pengesahan hasil tes oleh sekolah lalu tepat pukul 19.00 WIB pengumuman hasil tes online di website. Bagi yang diterima, daftar ulang dilaksanakan pada 6 dan 7 Juli. Tahun ajaran baru dimulai 16 Juli,” ujar Bonny.

Tahun ini, lanjut Bonny, pihaknya belum melaksanakan PPBD dengan sistem zonasi. Pasalnya, dibutuhkan persiapan yang matang untuk penerapan sistem tersebut.

“Untuk menerapkan sistem zonasi dibutuhkan data tempat tinggal siswa kelas 3 SMP. Sehingga daya tampung sekolah terpenuhi,” ucapnya.

Bonny mencontohkan, SMAN 3 Palembang yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Palembang dekat kampus Universitas Islam Negeri (UIN), harus dipikirkan siswa yang masuk di sana dari kelurahan mana saja, agar daya tampungnya tidak kosong. Begitu pula dengan SMAN 2 Palembang yang berada di pusat pemukiman, harus dipikirkan jangan sampai daya tampungnya melebihi kuota yang ditetapkan.

“Tahun ini sistem PPDB dengan sistem rayon sudah diterbitkan. Mudah-mudahan tahun depan sistem zonasi sudah bisa diterapkan di Sumsel,” pungkasnya. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here