​Indomaret Simpang Perumnas Jadi Sasaran Perampok

144
Brankas Indomaret yang dibongkar pelaku perampokan.

Kayu Agung, SumselSatu.com

Minimnya sistem keamanan yang diterapkan oleh mini market di kabupaten OKI seperti Indomaret dan Alfamart, memicu pelaku kejahatan melancarkan aksinya. Seperti halnya yang menimpa di Indomaret simpang perumnas Sukadana yang terletak di Jalan Letnan Darna Jambi, Kelurahan Paku, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten OKI. 

Diduga karena minimnya sistem keamanan, mini market ini pada minggu (1/10) sekitar pukul 22.40 wib, menjadi korban perampokan oleh pelaku yang hingga saat ini belum diketahui identitasnya. 

Akibatnya, toko yang tanpa di lengkapi petugas satuan pengamanan (satpam) tersebut menderita kerugian uang tunai Rp35 juta dan barang-barang dagangan yang diperkirakan mencapai Rp. 40an juta. 

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, saat kejadian perampokan ada tiga orang korban yang tidak lain adalah karyawan Indomaret yang baru selesai melaksanakan tugas. 

Pada saat ketiga korban akan pulang dan hendak menutup mini market Indomaret tempat mereka bekerja, tiba-tiba masuk 3 orang dengan menggunakan helm menodongkan senjata jenis parang kepada 3 korban tersebut sembil bereriak, “Diam, jangan melawan, ini bukan duet kau jugo (ini bukan uang kau juga-red),” ujar pelaku sambil mengancam korban dengan senjata tajam. 

Kemudian ketiga orang tersebut menggiring ketiga korban ke dalam kamar mandi, kemudian pelaku minta tunjukkan letak brankas, setelah itu dua orang pelaku membuka brankas dan mengambil barang-barang dagangan lainnya dan satu orang menjaga korban yg disekap di dalam kamar mandi. Penyekapan tersebut berlangsung sekira 10 menit, kemudian ketiga pelaku merampas handpone milik dua orang korban dan kemudian lari meninggalkan indomaret tersebut. 

Perampokan ini bukan kali pertama menimpa Indomaret tersebut, pada awal tahun 2014 lalu kejadian serupa terjadi bahkan pelakunya menggunakan senjata api dan menembak korbannya dibagian perut meskipun korban berhasil selamat dan pelaku berhasil menggasak harta korban. 

Kapolres OKI AKBP Ade Harianto SH MH didampingi Kapolsek Kota Kayuagung AKP Feryanto SH mengatakan, setelah mendapatkan laporan pihak Kepolisian langsung mendatangi lokasi dan melakukan olah TKP. 

“Kita juga sudah meminta keterangan kepada sejumlah saksi ketiga karyawan yang berada dilokasi saat kejadian, serta cek CCTV,” katanya. 

Fery juga mengimbau agar toko-toko seperti Indomaret ataupun Alfamart untuk menambah keamanan internal toko. “Kejadian seperti ini kerap terjadi di beberapa tempat bukan hanya di Kayuagung. Oleh karena itu, untuk menghindari dan meminimalisir kejadian serupa kita imbau agar pihak toko untuk menambah keamanan internal seperti bisa dengan menambah security,” tegasnya. #Ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here