Disbudpar Sumsel Komitmen Lestarikan Budaya Sumsel

34
​PAKAIAN ADAT-Pejabat Disbudpar Sumsel memakai pakaian adat setiap hari Selasa

Palembang, SumselSatu.com
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus melakukan inovasi dalam rangka mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia umumnya dan Sumsel khususnya.
Salah satunya dengan mengenakan pakaian adat Nusantara setiap hari Selasa di setiap minggunya. Seperti yang terlihat pada, Selasa (31/10/2017) di mana seluruh pejabat struktural Disbudpar Sumsel mengenakan pakaian tradisional Nusantara, tidak terkecuali Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga.
Menurut Irene usai menjadi pembina apel pagi di kantornya mengatakan hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta sersetujuan Gubernur Sumatera Selatan dalam rangka melsetarian pakaian tradisional Nusantara.
“Jadi kalau mau lihat miniatur Indonesia datang ke Disbudpar Sumsel, setiap hari Selasa,” terangnya.
Di samping itu, menurut Irene, ini merupakan salah satu tugas dan fungsi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai lembaga yang mempunyai tugas pelestarian kebudayaan Indonesia.
“Kebudayaan Indonesia bukan hanya Sumsel, tetapi di Sumsel ini juga beragam suku bangsa, jadi siapa lagi yang menyampaikan kepada generasi muda kalau kita memiliki keaneka ragaman budaya kalau tidak dimulai dari kita,” ujarnya.
Ditambahkannya, setelah mendapat persetujuan dari Gubernur Sumsel maka mulai minggu depan di setiap hari Selasa, diharapkan kepada seluruh pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel untuk mengenakan pakaian tradisional Nusatara termasuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yang ada dijajarannya.
“Karena untuk pemakaian pakaian tradisional Nusantara sudah mendapat persetujuan Gubernur Sumsel, maka diharapkan mulai minggu depan di setiap hari Selasa seluruh pegawai di lingkungan Disbudpar kira dapat melakukan hal yang sama,” tutupnya.
Penggunaan pakaian Tradisional Nusantara ini selain di Disbudpar Sumsel Sumsel juga sudah dilakukan oleh Provinsi lain seperti Jawa Tengah dan DKI Jakarta.
Menurut salah seorang pegawai Disbudpar Sumsel Iqbal yang pagi itu mengenakan pakaian adat Bengkulu sebagai bukti kecintaanya dengan adat budaya Indonesia. Karena itu, dirinya memilih beberapa pakaian adat Nusantara di rumahnya, di antaranya pakaian adat Bengkulu, Palembang, Jawa Barat dan Jawa Tengah.
“Ya, saya termasuk orang yang suka mengoleksi pakaian adat Nusantara,” pungkasnya. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here