Elektabilitas Harno – Fitri Unggul

56
Rilis hasil survei persepsi masyarakat Kota Palembang oleh Index Politica, Jumat (22/6), di Hotel Santika. (FOTO: SS1/Yanti)

Palembang, SumselSatu.com

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Index Politica,  elektabilitas pasangan calon (paslon) Walikota –Wakil Walikota Palembang Harnojoyo dan Fitri Agustinda unggul dibandingkan paslon lain. Persentase yang direbut paslon Harno – Fitri mencapai 37,06 persen.

Hasil survei persepsi masyarakat Kota Palembang pada 28 Mei hingga 4 Juni 2018 ini dirilis Index Politica pada konferensi pers, Jumat (22/6), di Hotel Santika.

Direktur Eksekutif Index Politica Denny Charter mengatakan, survei menggunakan metode penarikan sampel multistage random sampling. Jumlah sampel sebanyak 600 responden dengan margin of error lebih kurang 4 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Titik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden dengan menggunakan kuisioner, ” ujarnya.

Denny menjelaskan,  tingkat partisipasi pemilih melalui survei pengetahuan masyarakat tentang Pilwako Palembang sudah mencapai 86,97 persen.

Mengenai kinerja Pemerintah Walikota dan Wakil Walikota sebelumnya, lanjut Denny,  sebesar 14,87 persen sangat puas, 70,01 persen puas, 17,55 persen tidak puas, dan 12,35 persen sangat tidak puas. Penilaian terhadap kinerja pemerintah sebelumnya berkaitan dengan penanganan masalah kemacetan,  banjir, perumahan layak huni, sarana bermain dan olahraga, jalan, pendidikan, listrik, kemiskinan, dan pengangguran.

“Untuk elektabilitas paslon yang tertinggi adalah paslon Harnojoyo dan Fitri Agustinda 37,06 persen,  Sarimuda dan Abdul Rozak 25,71 persen, Akbar Alfaro dan Harnoe Roespriadi 7,35 persen, lalu Mularis Djahri dan Syaidina Ali 12,85 persen, serta wing voter sebesar 13 persen, ” bebernya.

Untuk politik uang, kata Denny, yang tidak setuju dengan politik uang 68 persen, yang setuju 17 persen, dan kurang setuju 16 persen. Kecamatan yang paling banyak setuju dengan politik uang adalah Seberang Ulu I,  Bukit Kecil,  Kertapati, dan Alang Alang Lebar. “Mereka mau berpindah pilihan jika ada yang mau membayar sebesar Rp 200 ribu,” ucapnya.

Denny mengungkapkan, terjadi persaingan lama antara Harnojoyo dan Sarimuda. Sarimuda dan Rozak unggul di lima kecamatan yakni Gandus, Plaju, Kalidoni,  Sematang Borang, dan Sako. Kecamatan lainnya adalah basis Harnojoyo dan Fitri Agustinda.

“Sedangkan dua paslon lain yakni Akbar Alfaro dan Harnoe serta Mularis dan Syaidina Ali tidak unggul di semua kecamatan,” pungkasnya.  #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here