Jelang Ramadhan, Tiga Komoditas Dapat Perhatian Khusus

29
RAKOR --- Rapat Koordinasi Wilayah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumsel, Selasa (30/4/2019), membahas harga-harga kebutuhan menjelang Ramadhan. (FOTO: SS1/YANTI)

Palembang, SumselSatu.com

Sebentar lagi bulan Ramadhan akan tiba, biasanya akan terjadi kenaikan harga beberapa kebutuhan. Dinas Perdagangan Sumatera Selatan (Sumsel) memberi perhatian khusus terhadap tiga harga komoditas yaitu bawang putih, bawang merah, dan daging ayam.

Hal tersebut diungkapkan Plt Kepala Dinas Perdagangan Sumsel Yustianus saat Rapat Koordinasi Wilayah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumsel, Selasa (30/4/2019).

Yustianus mengatakan, untuk bawang putih sudah dilakukan operasi pasar dan kini stoknya juga dipastikan aman. Sedangkan bawang merah, sebentar lagi akan ada panen di Brebes sehingga stok di pasar akan aman. Untuk hasil panen bawang merah di Sumsel belum bisa mencukupi kebutuhan maka didatangkan dari luar daerah.

“Untuk ayam kita harapkan diinformasikan harga di kandang sehingga kita tahu sisi kenaikannya di mana,” ucap Yustinus.

Sementara itu, Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil dan Penyuluhan Pertanian Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumsel, Dwi Rita Kesuma menambahkan, kebutuhan bawang merah di Sumsel sampai Juni mendatang sebanyak 2.078 ton.

Dia mengungkapkan, Sumsel memang ada penghasil bawang merah namun belum bisa mencukupi kebutuhan.

“Hingga Juni mendatang kebutuhan bawang merah kita masih kurang 2.000 ton. Oleh sebab itu, kita perlu pasokan dari luar Sumsel,” bebernya.

Rita menuturkan, daerah penghasil bawang merah yang ada di Sumsel seperti Musirawas dan Muaraenim. Namun hasilnya belum mampu memenuhi kebutuhan di Sumsel. “Kita harus disuplai dari provinsi lain seperti Brebes,” ucapnya.

Untuk kebutuhan lain seperti beras, cabai, dan sayuran, disebut masih mencukupi. Untuk cabai kebutuhan hanya 2.800 ton dan produksinya 4.600 ton. “Artinya kita masih surplus,” pungkasnya. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here