Laga Pamungkas Setan Merah

33
Final Liga Europa

Stockholm, Sumselsatu.com – Manchester United akan melakoni laga pamungkas musim ini melawan Ajax Amsterdam di final Liga Europa, Kamis (25/5/2017) dinihari WIB, di Friends Arena. Misi Setan Merah adalah memenangkan kompetisi ini untuk mendapatkan tempat Liga Champions musim depan.

MU sudah melepas Premier League sejak mereka kalah dari Tottenham Hotspur pada 14 Mei dan fokus ke Liga Europa. Jadi, ini satu-satunya yang bisa menyelamatkan musim United untuk bisa kembali ke Liga Champions.

Semua kekuatan dikerahkan Jose Mourinho untuk pertandingan ini. Bahkan di laga terakhir Premier League melawan Crystal Palace, Mourinho merotasi besar-besaran timnya.

Pada laga tersebut, Mourinho memberi kesempatan bermain untuk lima pemain muda MU dan menyimpan sejumlah pemain pilar, kecuali Paul Pogba. Beberapa hari sebelum pertandingan, Mourinho mengeluarkan pernyataan yang membuat panas kubu Ajax. Menurut Mou, Ajax tidak layak untuk bermain di Liga Europa.

“Ajax adalah tim dari Liga Champions. Saya tidak pernah setuju jika ada klub yang bermain di dua kompetisi Eropa dalam satu musim. Menurut saya, jika ada klub yang tersingkir dari ajang Liga Champions, perjalanan mereka di kompetisi Eropa haruslah berakhir,” sindir Mourinho.

“Liga Europa diperuntukkan untuk klub yang telah melewati babak kualifikasi dan fase grup. Seperti Manchester United yang finis di posisi kelima pada musim sebelumnya,” tegas di Special One.

Ajax sendiri punya 10 hari mempersiapkan pertandingan ini karena liga domestik mereka lebih cepat selesai. Mereka sudah memastikan tempat di fase grup Liga Champions karena finis di peringkat kedua.

Namun ini final kompetisi Eropa pertama klub Belanda ini dari 21 tahun terakhir. Ini membuat Ajax tak kalah memiliki dorongan ekstra dari MU.

Pelatih Ajax Peter Bosz tidak tinggal diam. Ia pun melakukan serangan untuk MU. Menurut Bosz, MU tidak layak mencari alasan jika nanti menelan kekalahan dari Ajax.

“Manchester United tidak bisa membuat alasan kalau mereka menjalani jadwal yang padat pada musim ini jika menelan kekalahan dari Ajax. Sama seperti mereka, kami juga menjalani banyak pertandingan pada musim ini,” kata Bosz.

Pada laga nanti, Ajax tidak bisa menurunkan Daley Sinkgraven yang mengalami cedera lutut. Selain itu, Ajax juga tida bisa memaikan Nick Viergrever yang menjalani hukuman larangan bertanding.

Sementara itu, Manchester United akan tampil tanpa Eric Bailly yang menerima kartu merah pada laga melawan Celta Vigo di babak semifinal. Jose Mourinho berpeluang mengandalkan Phil Jones untuk menggantikan peran Bailly di jantung pertahanan Manchester United.

Selama tampil di Liga Europa, MU belum pernah meraih gelar tersebut. Laga nanti akan mereka jadikan sebagai jalan untuk melengkapi koleksi trofi mereka.

Kali terakhir kedua klub berjumpa terjadi pada musim 2011-2012. Saat itu, Manchester United mengungguli Ajax dengan agregat total 3-2 pada babak 32 besar Liga Europa. (Ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here