Penumpang Jalur Laut Mulai Melonjak

229
Kesibukan di salah satu pelabuhan yang mulai dipadati oleh penumpang.

Kualatungkal, Sumselsatu.com – Arus mudik mulai tampak di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, khususnya di jalur laut. Kenaikan penumpang sudah mulai terasa sejak 2 hari terakhir, di mana penumpang datang maupun pergi dari kota kualatungkal mulai membludak. Hal tersebut seperti terpantau di pelabuhan LLASDP, Pelabuhan H Abas, Pelabuhan Ampera dan Pelabuhan Tangga Raja Ulu.

Dikonfirmasi, Kepala UPTD Pelabuhan Sungai, Manalu mengatakan, kenaikan mulai terasa dengan diiringi kedatangan speed boat yang kini jumlahnya bisa mencapai 70 speed boat dan kepergian 70 speed boat.

“Dua hari terakhir tampak banyak penumpang, baik yang datang dan berangkat,” ujarnya Senin (19/6/2017) kemarin.

Ia mengatakan, selain tujuan domestik dalam kabupaten Tanjung Jabung Barat. Banyak pula tujuan ke wilayah riau dan kepri.

“Ada 4 dermaga yaitu Lasdap, Ampera, Kwatik, dan Tangga Raja Ulu. Semua melayani tujuan yang berbeda, tadi ini rata-rata berangkat penuh semua terakhri nanti ada. Jam 4 dan ini sepertinya bertambah terus. Kita Ada 70-an boat di 4 pelabuhan,” bebernya.

Di uraikannya, dari data di pelabuhan UPTD Pelabuhan Sungai. Pada tanggal 15 juni, penumpang yang datang ada 589 orang yang berangkat 650, 16 juni ada 536 orang datang dan yang berangkat 628 orang. 17 juni ada 642 orang yang datang dan berangkat 664 orang. 18 juni ada 838 orang yang datang dan berangkat 952 orang.

“Kalau yang hari ini belum kita rekap, nanti kalau sudahberangkat semua baru ketemu angkanya,” tutupnya.

Sementara itu, dari pihak pelayaran PT Karya Budi, Doni di pelabuhan LLASDP saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya mengalami kenaikan penumpang mencapai 100 persen lebih.

“Dua hari ini sudah banyak melonjak. Banyak tujuan Tembilahan, dan Kuala Enok,” ujarnya ditemui saat menjual karcis.

Ia menjelaskan, untuk tujuan Kuala Enok dan Tembilahan sekitar ada 2 jam perjalanan menggunakan speed boat berkapasitas besar.

“Kita ada 8 boat yang berangkat nanti, kenaikan yang lebih signifikan mungkin terjadi pada tanggal 23-24 nanti, karena pegawai sudah pada libur,” pungkasnya.

Terpisah, Teguh salah seorang penumpang domestik berasal dari Desa Lumahan mengatakan bahwa tadi saat ia berangkat dari tempatnya, speed boat sarat penumpang.

“Tadi ramai penumpang, alhamdulillah sampai dengan selamat,” tutupnya. (red) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here