PLTS Jakabaring Siap Beroprasi

115
Panel-panel surya PLTS

Palembang, SumselSatu.com

Jelang Asian Games 2018 Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Jakabaring sudah mencapai 100 persen dan siap beroperasi maret mendatang.

Hal ini dikatakan langsung oleh Manager Operasional Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumsel, Iramsyah, Rabu (31/1/2018).

Menurutnya, untuk fisik PLTS sudah capai 100 persen dan tinggal menunggu melakukan pengujian instalasi kelistrikan dimana rencananya akan dilakukan pada pertengahan Februari mendatang.

Lanjutnya, pengujian ini hanya butuh waktu tiga sampai lima hari. Setelah itu akan dilakukan evaluasi dan dilaporkan ke Gubernur lalu kemudian baru diresmikan dan dioperasionalkan secara komersil untuk menerangi JSC.

“Komisioning ini akan dilakukan bersama PLN dan pabrikan dari Jepang,” ujarnya.

Ia mengaku, untuk operasional PLTS Jakabaring akan dilakukan PDPDE namun, menggunakan distribusi atau jalur PLN yang bergabung dengan Gardu Induk (GI) Jakabaring yang berada di depan OPI Mall.

“Untuk tersambung ke GI PLN ini kami menanamkan kabel sepanjang 3,5 kilometer,” terangnya.

Ia juga menambahkan, nantinya operasional PLTS Jakabaring ini mulai pukul 04.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB setiap harinya untuk menyerap radiasi matahari. Artinya, walaupun gelap atau mendung namun tetap dapat menyerap radiasi.

“Jadi tidak khawatir meskipun hujan, karena PLTS ini menyerap radiasi bukan panas,” tutupnya. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here