10,646 Warga Miskin Palembang Tak Dapat Bansos

Ilustrasi kemiskinan di sudut kota

Palembang, SumselSatu.com

Sebanyak 10,646 warga miskin Palembang belum mendapatkan bantuan sosial (Bansos) berdasarkan hasil verifikasi dan validasi (Verval) Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palembang.

Kepala Bidang Fakir Miskin Dinsos Kota Palembang Siti Fauziah mengatakan, telah melakukan penyandingan data antara Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dengan Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

“Hasilnya, dari 33,839 keluarga warga miskin ekstrem, sebanyak 23,458 keluarga belum tersentuh bansos,” ujar Siti, Kamis (31/8/2023).

Kemudian, dari data non bansos itu, dilakukan verval lagi. Didapatkan data bahwa, dari 23,458 keluarga miskin yang tak dapat bansos itu, ternyata ada 12,812 keluarga yang datanya sudah dibenarkan. Seperti dihapus karena meninggal dunia, sudah tidak layak lagi jadi penerima bansos karena sudah tidak miskin dan lainnya.

“Jadi untuk pekerjaan rumah (PR) kita tahun depan tinggal 10,646 keluarga lagi yang harus diverval. Agar kita tahun persis seperti apa kondisi sebenarnya antara data angka dan di lapangan,” katanya.

Data ini, kata dia, sedang dilakukan verval kembali oleh operator kelurahan di masing-masing wilayah.

“Harapannya tahun depan Palembang zero miskin ekstrem,” katanya.

Kata dia, warga dikatakan miskin ekstrem jika pendapatan perharinya rata-rata Rp10,000 per hari atau sekitar Rp300,000 per bulan. Mereka yang belum sama sekali menerima bantuan ini bisa disebabkan banyak faktor. Mungkin belum masuk DTKS. Atau mungkin sudah masuk tapi belum diverval lagi.

“Yang sudah mampu tapi belum dikeluarkan dari data dan lain sebagainya,” katanya.

Sementara, dalam data penyandingan juga sudah dikelompokkan jumlah keluarga penerima bansos. Mana yang jadi penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), serta yang mendapatkan dua jenis bansos (BNPT dan PKH).

Untuk penerima BNPT di Palembang sebanyak 3,208 keluarga penerima manfaat (KPM). Kemudian penerima PKH sebanyak 3,282. Sedangkan penerima BPNT dan PKH jumlahnya 3,891 KPM. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here