5002 Jemaah Debarkasi Palembang Kembali Ke Tanah Air

HAJI---Jemaah haji tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Minggu (23/7/2023). (DOKUMENTASI KEMENAG).

Palembang, SumselSatu.com

Debarkasi Palembang menerima kedatangan 353 jemaah haji kloter 14, Minggu (23/7/2023) pagi. Total, Debarkasi Palembang telah menerima kedatangan 5002 jemaah haji dengan rincian Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) 3872, Bangka Belitung (Babel) 1061 dan 69 petugas kelompok terbang (kloter).

Ketua Kloter 14 H Muhammad Muammar dalam laporannya mengatakan, saat berangkat ke Tanah Suci Kloter 14 berjumlah 359 orang. Namun tiga orang meninggal di Tanah Suci dan tiga orang lagi sudah pulang lebih awal bersama kloter 5.

Dengan demikian, jemaah yang kembali ke Tanah Air berjumlah 353 orang. Kloter 14 merupakan jemaah asal Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Pagaralam, dan Empatlawang.

Alhamdulilah jemaah Kloter 14 telah menjalani rangkaian ibadah haji dengan baik. Mudah-mudahan mabrur. Terima kasih kepada panitia embarkasi/debarkasi, rekan-rekan sesama petugas kloter, ketua rombongan, ketua regu, serta jemaah sekalian yang telah menjaga kekompakan. Mohon maaf apabila dalam pelayanan kami ada kekurangan dan ketidaksempurnaan,” ujar Muammar.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumsel H Armet Dachil mengatakan, dengan kedatangan Kloter 14, Debarkasi Palembang telah menerima kedatangan 5002 jemaah.

Sedangkan jemaah yang meninggal berjumlah 37 orang dengan rincian meninggal di Arab Saudi 32 orang, meninggal di embarkasi satu orang, dan meninggal di debarkasi empat orang. Adapun jemaah haji yang masih berada di Tanah Suci berjumlah 3471.

“Operasional haji debarkasi Palembang akan berakhir pada 4 Agustus dinihari. Jemaah terakhir yang akan kembali adalah kloter 24. Seluruh jemaah sesuai janji pemerintah akan mendapatkan 10 liter zamzam. Lima liter dibagikan begitu jemaah tiba di Asrama Haji, sedangkan sisanya nanti akan didistribusikan melalui Kemenag Kabupaten/Kota,” ujar Armet dalam rilis Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten OKU H Muhammad Ali saat menyambut kedatangan kloter 14 menyampaikan ucapan selamat kepada jemaah haji.

Ali berpesan agar sekembalinya ke kediaman masing-masing jemaah haji dapat menjaga kesehatan dan kemabruran haji. Ali menegaskan bahwa pemerintah dan panitia Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi/debarkasi Palembang, menyampaikan terima kasih atas kesabaran dan kekompakan jemaah haji Indonesia.

Dia juga meminta maaf apabila ada kekurangan dan ketidaksempurnaan dalam pelayanan selama operasional haji.

“Bapak ibu telah mengalami berbagai macam kondisi baik senang maupun susah selama menjalani rangkaian ibadah haji. Mohon maaf bila ada kekurangan dalam pelayanan haji tahun ini. Ini tentu di luar keinginan kita,” kata Ali.

Hadir dalam penyambutan kloter 14 di Aula Asrama Haji Sumsel antara lain Kabag Tata Usaha H Abadil, Kabag Agama Pemprov Sumsel H Sunarto, Kakankemenag OKU H Muhammad Ali, Kabid Urais H Efriansyah, Kabid Penmad H Win Hartan, Direktur Swarna Dwipa Pengelola Asrama Haji H Rebo Iskandar Pohan dan unsur PPIH. #Fly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here