Alquran Al-Akbar dan JSC Jadi Pilihan Wisatawan

87
Pengunjung Alquran Al-Akbar memadati obyek wisata religi itu sembari berfoto-foto, Rabu (20/6). (FOTO: SS1/Mardiansyah)

 Palembang, SumselSatu.com

Selama liburan yang baru lalu, obyek wisata Alquran Al-Akbar di Gandus dan Jakabaring Sport City (JSC) merupakan dua obyek wisata di Palembang yang jadi pilihan wisatawan dari luar kota.

Termasuk pada hari terakhir libur, Rabu (20/6) kemarin. Ribuan wisatawan memadati destinasi religi wisata Al Ihsaniyah, Gandus, Palembang, tempat Alquran raksasa berada.

Pengunjung JSC bersantai bersama keluarga di tepi danau tempat venue dayung, Rabu (20/6). (FOTO: SS1/Mardiansyah)

Pantauan SumselSatu.com, terlihat pengunjung harus sedikit berdesakan untuk masuk ke dalam lokasi. Di dalamnya pun, seluruh ruangan telah dipadati ribuan pengunjung sehingga udara sedikit terasa panas. Untuk bisa masuk, pengunjung membayar tiket senilai Rp 5.000 tiap orang.

Rahman, salah satu petugas tiket menjelaskan, sebenarnya masuk ke dalam wisata religi, bayt Alquran raksasa ini tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Adapun dana pembelian tiket ini digunakan sebagai pemeliharaan Alquran raksasa.

Rahman membeberkan, jika dalam satu hari sampai dengan pukul 14.00 WIB, sudah seribu lebih tiket terjual. “Ya, hari ini lebih ramai dari hari libur biasanya, asalnya pun berbeda-beda, ada yang dari Bogor dan Jakarta, bukan hanya pengunjung dari dalam Sumsel atau Kota Palembang saja,” ujar dia.

Sementara Dhea (16), salah satu pengunjung asal Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, mengatakan, sengaja datang untuk melihat Alquran raksasa. Bersama keluarganya, perempuan berdarah Banyuasin ini mengaku baru memiliki kesempatan untuk melihat Alquran raksasa yang sudah terkenal, karena baru memiliki kesempatan mudik tahun ini.

“Sudah lama mau ke sini, tapi tiap Lebaran gak bisa mudik karena pekerjaan orangtua. Alhamdulillah tahun ini bisa melihat Alquran raksasa ini meskipun berhimpitan,” ujarnya.

Selain destinasi religi wisata Alquran raksasa, tempat wisata lain seperti komplek olahraga Jakabaring Sport City (JSC) juga dipenuhi pengunjung yang ingin menghabiskan masa libur Lebaran 2018.

Terlihat beberapa spot lokasi di dalam JSC seperti di depan venue shooting range yang tepat berhadapan dengan venue dayung atau danau JSC, dipenuhi pengunjung. Banyak pengunjung yang sengaja menyewa tikar untuk duduk santai di pinggiran danau bersama keluarga mereka bersantai sambal menikmati embusan angin.

Hesti (25), wanita asal Pangkalan Balai, Kabupaten Banyuasin, sengaja datang ke JSC untuk menghabiskan libur Lebaran. “Besok udah mulai kerja, hari ini puas-puasin liburan hari terakhir sama keluarga,” tukas wanita yang bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Banyuasin ini. # ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here