Cincau dan Kolang Kaling Laris Manis

223
Beragam jenis bahan pembuat minuman segar untuk berbuka puasa yang dicari pembeli selama Ramadan di salah satu lapak pedagang di pasar tradisional Pangkalanbalai. (FOTO: SS1/Afriyanto)

Pangkalanbalai, SumselSatu.com

Bulan Ramadan membawa berkah tersendiri bagi penjual bahan makanan maupun minuman. Beberapa pedagang yang jualannya laris manis diserbu pembeli saat bulan puasa yaitu penjual cincau, rumput laut, kolang kaling, dawet, dan aneka bahan pembuat minuman untuk berbuka.

Tingkat pembelian bahkan naik hingga tiga kali lipat jika dibandingkan hari biasa. Meski penjualan bahan pembuat minuman es ini meningkat tajam sejak memasuki Ramadan, namun harga  tidak mengalami kenaikan.

Puji, seorang pedagang minuman di Pangkalanbalai, mengatakan, pelanggannya terus mengalir. “Antusias warga membeli cincau dan kolang kaling cukup banyak karena harga yang ditawarkan murah meriah. Cincau yang sudah diiris hanya Rp 3000 dan kolang kaling Rp 3000,” kata Puji.

Tak heran bila Puji panen rezeki di Ramadan nan penuh berkah ini. Dagangannya pasti dicari pembeli yang butuh membuat minuman dingin untuk berbuka puasa. Pembelinya pun bukan hanya ibu rumah tangga yang ingin menyediakan minuman berbuka di rumah, tetapi juga pedagang takjil.

“Pembeli didominasi para penjual es yang juga bermunculan hanya saat Ramadan saja,” ungkapnya.

Agustin, salah satu  pembeli, mengatakan, cincau adalah pilihan paling enak dikonsumsi ketika hendak berbuka puasa. Selain cepat kenyang, harganya pun lebih murah dibandingkan makanan tradisional lainnya. “Rasanya khas, pengelolaannya juga sangat mudah, dengan diiris halus lalu diberi sari pati kelapa atau susu,” jelas dia. #fri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here