Jembatan Musi VI Terhambat Pembebasan Lahan

52
Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembangunan Jembatan Musi VI, Joko Saputro, ketika diwawancarai, Rabu (9/5). (FOTO: Yanti)

Palembang, SumselSatu.com

Sampai saat ini progres pembangunan Jembatan Musi VI sudah mencapai 61,578 persen. Sayangnya proses pembebasan lahan belum tuntas sehingga jembatan tidak bisa siap sebelum Asian Games Agustus nanti. Pembangunan diperkirakan kelar akhir tahun 2018.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Musi VI Joko Saputro mengatakan, progres pembangunan Jembatan Musi VI saat ini terkendala masih adanya lahan yang belum dibebaskan.

“Masih ada lahan di wilayah ulu dan ilir yang belum dibebaskan,” ujar Joko ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (9/5).

Selain masalah lahan, lanjut Joko, kendala lain yang turut menghambat proses pembangunan adalah cuaca yang tidak menentu. Terutama hujan yang sering tiba-tiba turun. Karena pekerjaan berada di ketinggian, ketika hujan pekerjaan langsung distop sementara.

“Kami harap masyarakat bersabar karena kita juga memacu bekerja cepat agar pembangunan segera selesai. Namun untuk Asian Games nanti belum bisa dilalui, dan kami perkirakan selesai akhir tahun 2018,” katanya.

Joko berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) segera menuntaskan urusan pembebasan lahan, agar pembangunan Jembatan Musi VI bisa selesai secepatnya.

“Kalau sebelumnya kami bisa bekerja hingga 24 jam, tapi karena masih ada lahan yang belum bebas, kami bekerja hingga pukul 18.00. Kita berharap Pemprov segera melakukan pembebasan lahan,” kata Joko.

Untuk saat ini, proses pembangunan masih berlanjut. Menurut Joko, pihaknya sekarang sedang melakukan pembersihan di lantai jembatan. ‚ÄúSelain itu, kami juga sedang membuka pilon di 210 stream dari total 240 stream. Setelah dibuka baru dicor,” jelas Joko. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here