Ketua DPW PKB Sumsel Didesak Mundur

399
Kader-kader PKB dari Muaraenim, OKI, Pagaralam, dan Lubuklinggau saat berdemo di kantor DPW PKB Sumsel, Jumat (1/6). (FOTO: SS1/Yanti)

Palembang, SumselSatu.com

Puluhan kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari Muaraenim, OKI, Pagaralam, dan Lubuklinggau berdemo di Kantor Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Sumsel, Jumat (1/6). Mereka mendesak Ramlan Holdan untuk mundur dari jabatan sebagai Ketua DPW PKB Sumsel.

Desakan untuk mundur dilancarkan karena Ramlan Holdan selaku Ketua DPW PKB Sumsel dinilai telah melanggar AD/ART, lantaran memecat secara sepihak empat ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB yakni Muaraenim, OKI, Pagaralam, dan Lubuklinggau.

Edy Yunizar yang dipecat dari jabatan sebagai Ketua DPC PKB Muaraenim, mengatakan, pihaknya meminta keadilan kepada Ketua DPW PKB Sumsel, Ramlan Holdan. “Kami ingin meminta penjelasan atas pemecatan yang dilakukan Ketua DPW, karena tanpa prosedur yang sah yakni AD/ART,” ujarnya.

Edy menuturkan, dirinya telah menjalankan tugas yang diberikan oleh partai. Itu terbukti PKB Muaraenim lolos dari verifikasi faktual untuk Pemilu 2019.

“Sejak kepemimpinan saya di Muaraenim  ada tiga kader PKB yang duduk di kursi legislatif. Tapi anggota DPRD dari PKB ini tidak memberikan kontribusi kepada partai di sini karena ada surat dari Ramlan Holdan yang melarang,” ucapnya.

Edy menegaskan, pihaknya meminta Ramlan Holdan turun sebagai Ketua DPW PKB Sumsel karena telah memecah belah kader. Padahal pihaknya sudah mengikuti aturan AD/ART.

“Kembalikan SK kami, kami siap melakukan muscab. Bukan dicopot di tengah jalan. Karena pemecatan pejabat struktural harus lewat musyawarah luar biasa,” tegasnya.

Hal senada diungkapkan Turmudi yang dipecat dari jabatan Ketua DPC OKI. Turmudi menyayangkan pemecatan atas dirinya dan tiga rekannya yang memimpin PKB di Muaraenim, Lubuklinggau, dan Pagaralam.

“Tanpa ada permasalahan kita dipecat.  Surat pemecatan yang katanya dikeluarkan oleh DPP ternyata surat itu dipalsukan. Jadi kami  ada mosi tidak percaya. Kami minta Ketum bapak A Muhaimin Iskandar untuk memecat Ramlan Holdan dari jabatannya sebagai Ketua DPW PKB Sumsel. Kami minta pak Ketum untuk menindaklanjuti secepatnya. Kami ingin solid. Kami bekerja keras untuk berhasil saat verifikasi faktual,” paparnya.

Terhadap aksi ini, Wakil Sekretaris DPW PKB Sumsel, Farhan Alfikri, mengatakan, Ramlan Holdan sedang berada di luar kota. “Hari ini kedatangan DPC dari Muaraenim, OKI,  Lubuklinggau, dan Pagaralam. Mereka menyampaikan tuntutan terkait yang terjadi di daerah masing-masing. Kami terima, nanti dibicarakan Ketua DPW untuk dibahas apa tindakan kita selanjutnya,” ujar Farhan singkat. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here