Mendagri Tegaskan Tugas Pj Gubernur Sama Seperti Gubernur

37
FOTO BERSAMA – Mendagri Tjahjo Kumolo berfoto bersama Alex Noerdin, Ishak Mekki, dan Hadi Prabowo, usai pelantikan Penjabat Gubernur Sumsel, Jumat (21/9/2018), di Griya Agung, Palembang. (FOTO: SS1/YANTI)

Palembang, SumselSatu.com

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melantik Penjabat Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Hadi Prabowo, Jumat (21/9/2018), di Griya Agung, Palembang. Pada kesempatan ini Mendagri menegaskan bahwa fungsi dan tugas penjabat gubernur sama seperti gubernur.

“Fungsi pj gubernur sama dengan gubernur yakni bisa memutasi pejabat, mengubah anggaran, dan lainnya,” kata Mendagri.

Tjahjo Kumolo mengatakan, pelantikan penjabat gubernur ini agar jangan ada kekosongan pemerintahan daerah dalam melayani masyarakat seperti biasa. “Pj gubernur ini bertugas sampai gubernur terpilih dilantik. Kapan gubernur terpilih dilantik,  kami ingin mempercepat pelantikan tapi lagi dipersiapkan Sesneg, karena yang melantik presiden, jadi harus ada keppresnya,” ujar Mendagri ketika diwawancarai usai pengambilan sumpah dan pelantikan Penjabat Gubernur Sumsel.

Sementara itu,  Pj Gubernur Sumsel Hadi Prabowo mengatakan, penugasannya sebagai Pj Gubernur Sumsel untuk melanjutkan tata kelola waktu transisi kepemimpinan Gubernur Sumsel periode 2013-2018 ke Gubernur Sumsel periode 2018 – 2023.

“Tugas utama Pak Alex selesai 7 November 2018, jadi kewajiban kami Pj menyelesaikan RPJMD 2013-2018 sekaligus penyusunan RPJMD 2018-2023. Kami menjembatani RPJMD yang akan datang,” katanya.

Hadi mengungkapkan, dirinya akan mengawal program prioritas RPJMD 2018-2023. “Untuk Pemilu 2019, kita berharap berjalan kondusif sehingga partisipasi angka pemilih meningkat,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, mantan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, Provinsi Sumsel sejak 2013-2018 telah meraih 144  penghargaan, baik dari presiden, menteri, lembaga negara, bahkan dari dunia internasional.

“Tentu ada kekurangan, jadi sempurnakanlah. Apa yang kami lakukan memudahkan gubernur baru, tinggal melanjutkan,” katanya.

Alex mengaku tidak sedih melepaskan jabatan yang sudah 10 tahun diembannya.  “Aku bangga,  sebab yang aku tinggalkan tidak jelek. Gubernur baru tinggal melanjutkan, gubernur baru harus bisa membuat Sumsel lebih baik lagi,” tegasnya.

Alex menuturkan, banyak pembangunan di Sumsel selama dirinya memimpin. “Kita ada JSC yang pada 2019 nanti akan menggelar lima even olahraga dunia. JSC harus dijaga,  jangan sampai jadi kolam ikan. Karena tidak ada kota di dunia yang mampu menggelar even olahraga dunia dalam waktu bersamaan. Target kita pelaksaan Moto GP 2020, kalau tidak di-follow up itu tidak jadi,” ujar Alex.  #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here