Menkes Resmikan RSUD Provinsi Sumsel

64
Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek saat memberikan keterangan pers usai kegiatan peresmian RSUD Provinsi Sumsel, Sabtu (23/6/2018).

Palembang, Sumselsatu.com

Menteri Kesehatan Republik Indonesia (RI) Nila F Moeloek meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu (23/6/2018). Akhirnya, RSUD yang dari tahun 2013 telah direncanakan pembangunanya itu, resmi beroperasi.

Menkes mengatakan, jika RSUD Sumsel ini harus bisa memberikan yang terbaik dengan meningkatkan mutu pelayanan agar tidak kalah dengan RS di luar negri seperti Singapura dan Malaysia karena dua negara ini selalu menjadi opsi masyarakat Indonesia untuk berobat.

“Mari kita berlomba memberi pelayanan terbaik, serta saya minta masyarakat tidak lagi berobat ke luar negeri. Karena fasilitas, kualitas dokter, dan pelayanan di RSUD Provinsi Sumsel ini tidak kalah dari RS luar negeri,” kata Nila seusai peresmian.

Nila menyampaikan bahwa fisik RSUD sudah sangat menarik. Namun itu saja tidak cukup, harus didukung dengan alat kesehatan yang dimiliki. Oleh sebab itu Kemenkes bersama dengan Pemda akan mencoba bersama mengisi alat kesehatan RS ini, tapi dengan alat yang canggih dan baik maka harus didukung dengan SDM yang baik pula.

“Sesama profesi, saya menghimbau agar SDM yang direkrut dapat bekerja keras, bekerja loyal baik dari dokter spesialis hingga adminstrasi. Untuk masyatakat jaga RS ini karena ini punya kita bersama. Meminta masyarakat untuk menjaga RS pertama kebersihan. Kami minta sederhana tidak buang sampah sembarangan,” tukasnya.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sumsel megatakan, jika cita-cita untuk memiliki RSUD sendiri untuk wilayah Sumsel akhirnya terwujud.

“Ini sudah saya impikan sejak lima tahun yang lalu, Sumsel bisa memiliki RSUD modern dengan standar Internasional,” ungkap Alex.

Alex menjelaskan, jika pembangunan RSUD Provinsi ini harus melalui jalan panjang, apalagi Sumsel bukan merupakan provinsi terkaya, dengan APBD yang kecil.

“Kita hanya bermodalkan semangat, dengan semangat, akhirnya cita-cita ini terwujud. Jadi masyarakat tak perlu lagi untuk ke Singapura atau Malaysia hanya untuk Medical Chekup. Kalau bisa masyarakat mereka yang berobat ke sini (RSUD Sumsel-red) karena sama bagusnya, sama canggihnya, dokter dan perawat sama-sama profesional. Biayanya juga lebih murah dan boleh ngutang,” pungkas Alex.

Tak hanya RSUD, lanjut Alex, di belakang gedung sudah dilakukan peletakan batu pertama gedung FK Unsri yang akan menjadi gedung fakultas termodern di Indonesia lengkap dengan fasilitas ruang seminar internasional. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here