PALI Jadi Tuan Rumah Rapat Teknis Budaya dan Pariwisata

130
GEDUNG KOLEKSI ----- Gedung koleksi yang dibangun Pemkab PALI di kawasan Candi Bumi Ayu. (FOTO: SS1/ABI)

PALI, SumselSatu.com

Kabupaten PALI menjadi tuan rumah pelaksanaan rapat teknis Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait  Pariwisata dan Budaya se-Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2019. Rapat berlangsung tiga hari dan berakhir, Selasa (5/3/2019), di obyek wisata Candi Bumi Ayu di Desa Bumi Ayu, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI.

“Tujuannya yakni untuk menyelaraskan program-program pengembangan pariwisata di Provinsi Sumatera Selatan, serta melibatkan SKPD terkait untuk mendukung setiap obyek wisata yang berada di daerah agar lebih mudah aksesnya serta lebih dikenal masyarakat luas,” jelas Sekretaris Disbudpar Provinsi Sumsel, Zainal Arifin, SE, MM.

Zainal sendiri menilai, Kabupaten PALI sebagai tuan rumah juga memiliki potensi wisata budaya yakni Candi Bumi Ayu, meskipun pengelolaan tidak sepenuhnya milik Pemkab PALI.

“Memang saat ini, Candi Bumi Ayu masih dikelola oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi. Namun, Pemerintah Kabupaten PALI bisa mendapat retribusi seperti membuat bangunan lahan parkir, gedung souvenir, dan lain sebagainya. Jadi daerah juga dapat penghasilan,” saran Zainal.

Sementara Yunimawati, Plt Disbudpar PALI, mengatakan, kegiatan rapat teknis ini berlangsung selama tiga hari, dan pada kesempatan ini Kabupaten PALI dapat memamerkan kesenian dan budaya seperti tarian dan obyek wisata Candi Bumi Ayu.

“Alhamdulillah syukur kita terbilang sukses dalam penyelenggaraan kegiatan ini, kita juga dapat mempromosikan ke daerah lain tentang obyek wisata dan kebudayaan kita. Seperti dalam pembukaan kemarin kita tampilkan tari Lading, tarian asli Desa Tempirai, Kecamatan Penukal Utara. Dan pada akhir kegiatan ini, seluruh peserta dapat mengunjungi Candi Bumi Ayu di Kecamatan Tanah Abang,” jelasnya.

Menurut Yunimawati, kegiatan ini dihadiri perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Kemendikbud sebagai  narasumber. “Pastinya pihak kementerian dapat meninjau langsung di lapangan bagai mana kondisi obyek wisata Candi Bumi Ayu di kabupaten kita ini,” pungkasnya. #abi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here