PDI Perjuangan Ajak Warga Sumsel Cinta Lingkungan

84
POHON----Sekretaris PDI Perjuangan Sumsel Ilyas Panji Alam saat melakukan penanaman pohon di bantaran anak sungai di Jalan Gelora Sriwijaya, yang berada di kawasan Danau Ski Air, Kota Olahraga Jakabaring, Palembang, Minggu (21/2/2021). (FOTO: SS1/ANTON R FADLI)

Palembang, SumselSatu.com

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali melakukan penanaman pohon. Bersama kader dan pengurus partai berlogo ‘Banteng Moncong Putih’ itu se-Kota Palembang, PDI Perjuangan Sumsel menanam 48 ribu pohon di Ibukota Provinsi Sumsel.

Aksi cinta lingkungan PDI Perjuangan itu ditandai dengan ditanamnya 48 pohon di bantaran anak sungai di Jalan Gelora Sriwijaya, yang berada di kawasan Danau Ski Air, Kota Olahraga Jakabaring, Palembang, Minggu (21/2/2021). Selanjutnya, para kader pengurus Anak Ranting, Ranting, Pimpinan Anak Cabang (PAC), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Palembang menanam pohon di bantaran anak sungai dan sungai di Palembang hingga ada sedikitnya 48 ribu pohon yang tertanam.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Ilyas Panji Alam berharap, gerakan penghijauan yang mereka lakukan dapat memasyarakat.

“Mudah-mudahan diikuti masyarakat lainnya, untuk cinta lingkungan untuk membuat Indonesia, Sumatera Selatan, Palembang hijau,” ujar Ilyas yang mewakili Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel M Giri Ramanda N Kiemas.

Giri Ramanda Kiemas tidak hadir pada acara itu karena tengah mengikuti kegiatan serupa di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung, Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sebelumnya Ilyas mengatakan, gerakan penanaman pohon bersama yang mereka lakukan sebagai bentuk politik hijau yang ditanamkan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Ketua Umum memerintahkan seluruh kader PDI Perjuangan di wilayah Indonesia untuk menanam pohon di daerah aliran sungai, di bantaran sungai,” kata Ilyas yang baru saja melepas jabatan Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) itu.

Ditambahkan Ilyas, selain menjadi pelindung, penyerap air, penahan longsor, pohon yang ditanamkan juga diharapkan memiliki manfaat lain untuk masyarakat. Seperti pohon buah yang buahnya dapat dinikmati.

MEMBERIKAN—-Ilyas Panji Alam didampingi Bendahara PDI Perjuangan Sumsel Yudha Rinaldi dan Ketua Panitia Penanaman Pohon PDI Perjuangan Sumsel Basroni, saat memberikan bibit kepada pengurus PDI Perjuangan di Palembang.
(FOTO: SS1/ANTON R FADLI)

Ketua Panitia Penanaman 48 Ribu Pohon di Palembang DPD PDI Perjuangan Sumsel Basroni, SE, mengatakan, pohon yang mereka tanam hari ini adalah pohon buah. Seperti, nangka, jambu, mangga, dan jeruk.

“Kegiatan ini masih dalam rangkaian HUT PDI Perjuangan Ke-48 dan gerakan penghijauan PDI Perjuangan,” ujar Wakil Ketua Bidang Maritim PDI Perjuangan Sumsel itu.

Politik Hijau Menjaga Lingkungan Hidup

Terpisah, Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel ketika dihubungi SumselSatu mengatakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri selalu berbicara mengenai politik hijau yang bertujuan menjaga lingkungan alam dan lingkungan hidup di Tanah Air.

Kecintaan pada lingkungan Megawati itu, kata Giri, tidak lepas dari apa yang ditanamkan ayah Megawati, Soekarno atau Bung Karno.

“Sikap cinta lingkungan Bu Mega ini diterjemahkan dalam bentuk politik hijau di PDI Perjuangan,” ujar Giri Ramanda.

PENANAMAN–Giri Ramanda Kiemas saat melakukan kegiatan penanaman pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung, Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (21/2/2021).
(FOTO: IST/DOK.PRIBADI GIRI RAMANDA KIEMAS)

Ditambahkan Giri, saat partai politik (Parpol) lain belum memiliki badan yang terkait penanggulangan bencana, Megawati membentuk Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan.

Isu lingkungan hidup, kata Giri, menjadi bahasan utama Megawati dalam setiap kegiatan pengkaderan partai. Seperti bagaimana upaya agar sungai terjaga dan tidak tercemar, menginventarisasi tanaman langka serta membuatnya memiliki manfaat, termasuk untuk bidang kesehatan. Yakni bagaimana membuatnya obat atau jamu. Pada intinya, Megawati senantiasa mendorong kader partainya berpolitik yang merawat alam raya. #arf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here