​Lahan Tidur Dijadikan Perkebunan Jagung

47

Kayu Agung, SumselSatu.com
Warga Desa Sumber Mulya, Kecamatan Mesuji Makmur, memanfaatkan lahan desa yang selama ini belum pernah dikelola sejak 1990 menjadi perkebunan jagung setelah mendapat program Go Green dari Polres OKI.

“Program Go Green ini pertama dilakukan di Polres OKI. Tujuannya selain untuk mencegah kebakaran lahan dan hutan juga meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Kapolres OKI AKBP Ade Harianto didampingi Kasat Binmas Iptu Siska Arisandi, Senin (25/9/2017)
Katanya, dengan adanya program go green ini diharapkan bisa diikuti oleh desa lain di Mesuji Makmur. Program ini juga bekerja sama dengan Dinas Ketahanan, Tanaman Pangan, dan Holtikultura OKI.
Bersamaan dengan itu Polres OKI juga memberikan bantuan berupa pupuk dan bibit kepada masyarakat sekitar.
Kades Sumber Mulya, Baba Arista mengungkapkan bahwa lahan tidur tersebut diolah menjadi lahan perkebunan yang akan digarap oleh 30 anggota kelompok.
Lanjutnya, pengolahan lahan diserahkan bagi warga yang kurang mampu di desa setempat. “Nanti sistem bagi hasil, dan sebagian hasilnya untuk kas desa,” ungkap Kades.
Awalnya lahan tersebut akan ditanam jagung, kedepan pengambangannya akan ditanami sawit. Namun juga ditanami palawija dengan sistem tumpang sari.
Camat Mesuji Makmur, Suwanta menambahkan bahwa pihaknya akan mensosialisasika prgram go green yang diinisiasi Polres OKI. Ke depan, desa lain  yang memiliki lahan tidur bisa diolah melalui program dari polres tersebut. 

“Program ini cukup baik, karena selain mencegah karhutla lahan yang ada bisa dimanfaatkan warga setempat,” tukas Suwanta.
Di bagian lain, dalam program go green tersebut juga diberikan bantuan pupuk bagi petani cabai desa setempat. #Ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here