2.378 Keping KIA Sudah Dibagikan

33
Ilustrasi Kartu Identitas Anak.

Baturaja, Sumselsatu.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) membagikan sebanyak 2.378 keping Kartu Identitas Anak (KIA) kepada siswa sekolah penerima di wilayah itu.

“Sebanyak 2.378 keping KIA sudah kami bagikan kepada siswa penerimanya,” kata Kepala Disdukcapil OKU, Ajahari, Jumat (15/12/2017).

Ajahari mengungkapkan, ribuan keping KIA yang telah selesai dicetak oleh pihaknya tersebut telah didistribusikan kepada siswa sekolah mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga tingkat SMA di wilayah itu.

“KIA yang sudah dicetak diberikan untuk siswa dari sembilan sekolah mulai dari jenjang PAUD hingga tingkat SMA yang ada di OKU,” ungkapnya.

Dia mengemukakan, sejauh ini pihaknya sudah menyelesaikan proses pencetakan kartu identitas anak tersebut sebanyak 8.600 KIA, namun baru sekitar 2.378 keping yang telah didistribusikan oleh dinas terkait.

“Khusus untuk hari ini sebanyak 733 keping KIA kami distribusikan bagi siswa di SD Negeri 11 Baturaja. Sementara sisanya akan dibagikan secara bertahap pada tahun ini kepada pelajar Sekolah Dasar (SD) dan SMP di Kabupaten OKU,” jelasnya.

Menurut dia, pendistribusian kartu identitas tersebut diperuntukkan bagi anak mulai dari usia 0-17 tahun yang telah didata sebelumnya oleh petugas Disdukcapil setempat dengan cara jemput bola ke rumah masyarakat wajib KIA.

“Jika berdasarkan data yang kami peroleh di lapangan terdapat sekitar 20 ribu anak yang akan diterbitkan KIA. Mungkin sisanya akan diproses tahun anggaran 2018 nanti,” kata dia.

Ajahari menjelaskan,  KIA adalah kartu yang diterbitkan pemerintah untuk mendata sekaligus memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional anak di Indonesia.

“KIA ini juga dicetak dalam dua jenis yaitu untuk kartu identitas bagi anak umur 0-5 tahun dicetak tanpa menggunakan foto, sedangkan usia 5-17 tahun kartunya dilengkapi dengan poto yang bersangkutan,” ujarnya. #ori

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here