2024, PUBM-TR Sumsel Prioritaskan Pembangunan Jalan di OKU Timur

Kepala Dinas PUBMTR Provinsi Sumsel Muhammad Affandi. (FOTO: SS 1/YANTI).

Palembang, SumselSatu.com

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Muhammad Affandi, ST, MSc, mengatakan, program prioritas tahun 2024 adalah konstruksi, rekontruksi dan pembangunan jalan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT).

“Penyelesaian jalan di daerah Cempaka sampai ke Tanah Abang, pemeliharaan perkara, kemudian ada rehab, dan ada beberapa pembangunan jalan serta penggantian jembatan,” ujar Afandi, Rabu (3/1/2024).

Sementara terkait dengan taman yang dikunjungi oleh Penjabat Gubernur Sumsel Agus Fatoni di beberapa tempat, adalah wilayah Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Sumsel.

“Untuk trotoar mungkin pembenahan saja, kalau untuk anggaran smudah-mudahan tidak akan ada recofusing atau realokasi anggaran. Kalau terjadi recofusing di tahun 2024 maka akan dilakukan optimalisasi,” ungkapnya.

Jika terjadi recofusing ada berpengaruh dan akan dilakukan optimalisasi. Artinya dengan anggaran yang ada maka akan dimaksimalkan. Terkait dengan anggaran yang ideal sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

“Kalau soal anggaran pasti sangat besar, tapi itu terlalu subjektif dan pasti ada pengaruhnya jika memang terjadi recofusing anggaran,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Manusia (PSDA) Sumsel Ir H Herwan, MM, mengatakan, memiliki kewenangan untuk melaksanakan perbaikan infrastruktur irigasi. Selanjutnya kegiatan menanggulangi banjir dengan cara normalisasi.

“Misalnya mengatasi longsor misalkan, kita buat program kegiatan pembuatan tebing,” katanya.

Untuk daerah kabupaten/kota yang menjadi kewenangan provinsi, menjadi prioritas mengingat anggaran yang terbatas. Sementara untuk anggaran 2024 masih dalam pembahasan.

“Untuk kisaran besarannya berada di bagian keuangan, tapi yang jelas kita mengerjakan yang menjadi kewenangan dari provinsi,” tegasnya. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here