300,000 Warga Palembang Daftar Jaringan Gas Gratis

JARGAS---Baru 5 persen rumah di Palembang nikmati jaringan gas. (FOTO: IST).

Palembang, SumselSatu.com

Kota Palembang telah disurvey oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Hasilnya, ada 300,000 warga Palembang yang mendaftar pemasangan jaringan gas (Jargas) gratis.

“Sesuai permintaan Pj Walikota Palembang, kami akan upayakan dengan koordinasi dengan kementerian untuk mendapatkan pemasangan 300,000 ini secara gratis,” ujar Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kota Palembang Ahmad Zulinto saat rapat koordinasi bersama ESDM Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (8/11/2023).

Dia mengatakan, akan mempercepat menyambungkan jaringan ke rumah-rumah, karena baru 4-5 persen terpasang Jargas. Rendahnya capaian pemasangan Jargas karena berbagai kendala, diantaranya dari PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) yang minim dana investasi untuk pengembangan jaringan.

“Total keseluruhan ada 27 ribu sambungan Jargas, baik dari PT SP2J dan kementerian, tapi memang sebagian kecilnya SP2J jika dibandingkan dengan Prabumulih kota yang lebih kecil sudah terpasang 44,000 sambungan, Kota Palembang masih sangat minim,” katanya.

Direktur PT SP2J Ujang Panggarbesi mengatakan, SP2J terakhir pengembangan Jargas dilakukan tahun 2019.

“Kendala belum menambah pengembangan karena dana investasi tinggi, dan biaya pasang baru juga tinggi Rp3,5 juta per rumah,” katanya.

Jargas milik BUMD Palembang ini baru terpasang ke 6000 sambungan yang tersebar di 16 kecamatan atau sekitar 20 kelurahan.

“Kita sedang mengupayakan pemasangan di komplek OPI Mall tapi terkendala perizinan,” kata dia. #fly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here