9 Mei, Tes Potensi Akademik SMAN Unggulan

93
Kabid SMA Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel Bonny Syafrian. (FOTO: SS1/IST)

Palembang, SumselSatu.com

Pendataran online dan validasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di 27 SMA Negeri Unggulan Provinsi Sumsel Tahun Pelajaran 2019-2020 telah dilakukan pada 2-6 Mei. Selanjutnya akan dilaksanakan tes potensi akademik pada 9 Mei 2019.

Kabid SMA Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel Bonny Syafrian, saat diwawancarai, Selasa (7/5/2019), mengatakan, pembukaan PPDB SMAN Unggulan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa mendapatkan layanan pendidikan yang sebaik-baiknya.

Tahapan seleksi PPDB jalur tes potensi akademik (TPA) dilaksanakan untuk 27 SMA Unggulan di Sumsel. Di Palembang, SMAN Unggulan ada di SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 6, dan SMAN 8.

“Hari ini pengumuman siswa-siswa yang mengikuti tes. Sedangkan pelaksanaan TPA 9 Mei,” ujarnya saat dijumpai di ruang kerjanya.

Dijelaskan, tes tertulis adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Kelulusan seleksi berdasarkan penggabungan nilai raport semester 1 sampai semester 5 ditambah TPA. Bobot 60 persen dari TPA dan 40 persen dari nilai raport.

“Pengumuman dilaksanakan pada 12 Mei dan daftar ulang pada 13-16 Mei. Daftar ulang PPDB tidak dipungut biaya alias gratis. Bagi yang tidak melakukan daftar ulang dinyatakan mengundurkan diri,” ucapnya.

Bagi yang tidak lulus PPDB di sekolah unggulan, lanjut Bonny,  siswa tersebut bisa mengikuti tes di sekolah melalui jalur reguler.

“Bagi yang tidak lulus di sekolah unggulan, tidak usah kecewa karena bisa mendaftar di sekolah reguler,” pungkas Bonny. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here