Air Asia & Scoot Hentikan Penerbangan

33
MENJAWAB---GM Angkasa Pura II Palembang Fahrozi saat menjawab pertanyaan wartawan, Jumat (20/3/2020). (FOTO: SS1/YANTI)

Palembang, SumselSatu.com

General Manager (GM) Angkasa Pura II Palembang Fahrozi menyampaikan, maskapai penerbangan Air Asia dan Scoot menghentikan penerbangan dari Kuala Lumpur dan Singapura ke Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II dan sebaliknya.

Fahrozi menyampaikan, berdasarkan surat dari Air Asia, terhitung sejak 19 hingga 28 Maret mendatang, mereka menghentikan penerbangan rute Kuala Lumpur-Palembang–Kuala Lumpur. Sedangkan Scoot mulai 21 Maret hingga 18 April 2020 menyetop penerbangan rute Singapura-Palembang–Singapura.

“Maskapai Air Asia beroperasi setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu. Sedangkan Scoot lima kali seminggu,” ujar Fahrozi menjawab pertanyaan wartawan tentang jadwal penerbangan kedua maskapai itu selama ini, Jumat (20/3/2020).

Fahrozi menyampaikan, jika dibandingkan 2019 lalu, terjadi penurunan jumlah penumpang di Bandara Internasional SMB II hingga kemarin.

“Untuk tanggal 16 (Maret) masih normal. Tanggal 17 Maret mulai terjadi penurunan, yakni tahun 2019 ada 10644 penumpang, pada 2020 ada penurunan menjadi 6375 penumpang,” katanya.

“Pada tanggal 19 tahun 2019  ada 10019 penumpang,  2020 tanggal 19 (Maret) ada 5556 penumpang. Lumayan besar penurunan, kami hitung antara 40 persen pada tanggal 19 Maret,” tambahnya.

Ketika ditanya soal upaya pengamanan agar Virus Corona tidak masuk ke Bandara Internasional SMB II, Fahrozi mengatakan, pihaknya memeriksa semua penumpang yang masuk ke bandara.

Dia mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dengan menyediakan termal scanner (pemindai termal), dan ruang isolasi.

“Kami juga memasang hand sanitizer (pembersih tangan) di 12 titik di area para penumpang. Terkait jarak penumpang, kami atur satu meter, semua sudah kami lakukan di keberangkatan, chek in, dan area antri,” katanya.

“Di kursi penumpang, boarding lounge ada jarak antar penumpang. Kami juga lakukan (adakan-red) di area bandara videotron untuk mengedukasi penumpang,” tambah Fahrozi. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here