Audisi LIDA Sambangi Sumsel

110

Palembang, SumselSatu.com

Liga Dangdut Indonesia (LIDA), menyambangi Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di minggu ke-9 berjalannya audisi LIDA. Kota Palembang menjadi tuan rumah penyaringan audisi LIDA untuk wilaya Provinsi Sumatera Selatan, tepatnya yang berada di Makosat Brimob Sumsel.

Di minggu ke-9 ini, audisi LIDA serentak di tiga provinsi, selain Sumsel dua provinsi lain yang juga melakukan audisi LIDA yakni Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur.

Jalannya audisi di tiga provinsi ini, merupakan provinsi yang ke-22 dari 34 Provinsi se-Indonesia yang akan disambangi LIDA.

Di Palembang, sejak dari subuh, kurang lebih 200 peserta dari 17 kabupaten/kota di Sumsel telah mendaftarkan diri untuk mengikuti ajang pencarian bakat menyanyi dangdut terbesar di Indonesia ini. Audisi dan pelaksanaan LIDA akan disiarkan secara bertahap di stasiun TV Indosiar.

“Cukup bagus animo masyarakat, apalagi di Sumsel ini saya rasa paling banyak peserta dibandingkan lrovinsi lain. Hingga kini hampir 200 orang, kemungkinan masih ada lagi yang mendaftar dan kami buka sampai jam 3 sore,” kata PSRD Divisinya Head Ekin Gabriel.

Untuk peraturan kompetisi ini, peserta pria atau wanita harus berusia minimal 15 tahun dan maksimal 25 tahun yang memiliki bakat menyanyi lagu dangdut.

Dari setiap provinsi akan dipilih lima peserta terbaik. Dilanjutkan dengan mengikuti kompetisi di Jakarta dan tampil on air dalam program Konser Nominasi untuk mencari Juara Provinsi melalui polling SMS.

Lebih lanjut, satu peserta terbaik tiap provinsi berhak melaju ke putaran final dan bertemu dengan seluruh juara provinsi lainnya. Untuk pertama kalinya talenta-talenta dangdut terbaik dari 34 provinsi Indonesia akan berkompetisi dalam satu panggung dengan membawa berbagai kekayaan budaya di tiap daerah.

“Nanti dari semua peserta ini akan dipilih lima orang terbaik yang akan mengiikuti konser LIDA di Jakarta. Pengumumannya akan kami lakukan pada 7 Januari 2018 mendatang,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa ajang pencarian bakat terbaru persembahan Indosiar ini nantinya tidak hanya bertujuan memunculkan bintang-bintang dari masing-masing Provinsi, melainkan juga akan mengangkat potensi dan kebudayaan lokal dari masingmasing daerah.

“Kami berharap program baru ini dapat menjadi program inspiratif yang tidak hanya menghibur tetapi juga dapat menyatukan 34 Provinsi melalui seni,” ucap Ekin.

Sebelumnya audisi LIDA telah berlangsung di Gorontalo, Bengkulu, Maluku, Jambi, Kalimantan Selatan, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Bali, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Aceh.

Setelah menyambangi Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Sumsel. Juri Kompetisi LIDA akan kembali menggelar audisi serentak di tiga Provinsi berikutnya yakni Sulawesi Tenggara, Papua, dan Jawa Timur. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here