Barcelona Hattrick Copa del Rey

39
Trio Barca Neymar, Messi dan Gomes merayakan Gol Barcelona ke Gawang Alaves

Madrid, Sumselsatu.com – Barcelona menahbiskan diri sebagai kampiun Copa del Rey 2016-2017 seusai memetik kemenangan 3-1 atas Deportivo Alaves dalam laga final di Stadion Vicente Calderon, Madrid, Minggu (28/5/2017) dinihari WIB.

Kesuksesan raksasa Catalan tak lepas dari sumbangsih gol Lionel Messi (30′), Neymar (45′), dan Paco Alcacer (45+3′). Adapun gol Alaves dicetak oleh Theo Hernandez (33′).

Luis Enrique mengantarkan Barcelona menyamai rekor berusia 64 tahun setelah meraih kemenangan 3-1 atas Deportivo Alaves.

Kemenangan itu membuat Barcelona sukses merengkuh trofi Copa del Rey yang ke-29 sepanjang sejarah. Menurut catatan Opta, mereka merupakan satu-satunya tim yang menjuarai turnamen tersebut selama tiga musim beruntun atau hattrick dalam kurun waktu 64 tahun terakhir.

Menariknya, klub terakhir yang mampu melakukan hal serupa adalah Barcelona sendiri. Mereka mengukir rekor gemilang itu ketika menjadi juara berturut-turut pada musim 1951-1953.

Barcelona pun berada di daftar teratas sebagai tim yang paling banyak mengoleksi trofi turnamen tersebut. Mereka unggul tiga gelar dari Athletic Bilbao yang menduduki peringkat kedua.
Selain jumlah gelar, Barcelona juga memiliki persentase kemenangan apik di turnamen tersebut. Dalam total 29 hasil positif dari 39 laga final Copa Del Rey, tim asal Catalan itu mencatatkan rasio kemenangan sebesar 74 persen.

Gelar Copa del Rey itu pun dinilai menjadi kado manis bagi Luis Enrique, yang memutuskan mengundurkan diri dari posisi pelatih Barcelona pada akhir musim 2016-2017. Kesuksesan di piala domestik ini sekaligus menjadi pelipur lara buat Messi cs setelah gagal menjuarai Liga Spanyol dan Liga Champions 2016-2017. (Ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here