Bupati Musi Rawas akan Patenkan Kopi Selangit

61
Bupati Musi Rawas Mura, H Hendra Gunawan saat meninjau aktivitas petani kopi di Desa Napal Melintang Kecamatan Selangit, Mura.

Musi Rawas, SumselSatu.com

Bupati Kabupaten Musi Rawas (Mura), H Hendra Gunawan mengunjungi Desa Napal Melintang Kecamatan Selangit. Kunjungan itu melihat langsung potensi buah kopi Selangit. Sehingga, akan mematenkan kopi tersebut, Rabu (8/11/2017).

Di kebun kopi tersebut, Bupati Mura H Hendra Gunawan melihat langsung aktivitas masyarakat merawat tanaman kopi, memanen dan mengelola buah kopi. Sehingga, menghasilkan kopi yang memiliki cita rasa tersendiri.

“Kopi Selangit ini memiliki ciri khas tersendiri seperti halnya Kopi Gayo yang ada di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Di mana kopi itu sudah mendunia dan telah dipatenkan di Kemenkumham Republik Indonesia,” tegas Bupati Mura, H Hendra Gunawan.

Menurutnya, Kopi Selangit ini ditanam di atas tanah yang subur dan berada di ketinggian di atas 700 meter dari permukaan laut (Dpl) dan berdekatan dengan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Jika melihat potensi buah kopi sangat besar dan memiliki ciri khas tersendiri.

“Saya telah rencanakan Kopi Selangit akan dipatenkan di Kemenkumham RI. Sehingga, kopi Selangit akan mendunia dan bernilai ekspor,” jelas dia.

Hendra Gunawan menjelaskan dengan telah dipatenkan maka Kopi Selangit ini menjadi incaran pecinta kopi. Tentu harganya akan meningkat akhirnya perekonomian masyarakat meningkat dan kesejahteraan masyarakat akan tercapai.

Jika harga Kopi Selangit meningkat maka masyarakat akan fokus dalam mengelola kopi. Aktifitas masyarakat yang selama ini melakukan perambahan dan kegiatan illegal di kawasan TNKS dapat ditekan. Sehingga, TNKS sebagai paru-paru dunia akan tetap lestari.

Dukungan akan dipatenkannya Kopi Selangit ini juga terus mengalir. Anggota DPR RI, Nazarudin Kiemas sangat mendukung Pemkab Mura mematenkan Kopi Selangit. Karena hak paten ini akan sangat berpengaruh pada produktivitas dan kualitas serta harga Kopi Selangit.

Hal senada dikatakan, Anggota DPRD Kabupaten Mura, Azandri. Dia mengaku menyambut baik dan mendukung penuh rencana pemkab Mura untuk mempatenkan produk asli Mura ini. Dan berharap rencana ini dapat segera teralisasi.

Politisi PDI Perjuangan Mura menegaskan Pemkab Mura melalui organisasi perangkat daerah (OPD) dapat menginventarisasi seluruh produk inovasi di Kabupaten Mura. Sehingga tidak hanya Kopi Selangit yang dipatenkan namun produk lainnya juga dapat ikut dipatenkan. Jika sudah di inventarisasi maka Mura akan memiliki data base produk inovasi.

Sementara itu, Kepala Desa Prabu Menang, Aji Kemis mengaku mendukung penuh rencana mematenkan Kopi Selangit. Mengingat desanya yang memiliki 342 kepala keluarga hampir 80 persen merupakan petani kopi.

“Dirinya berharap dengan dipatenkannya Kopi asal Selangit ini dapat meningkatkan harga kopi dan perekonomian masyarakat,” kata Aji Kemis.

Untuk diketahui Kopi Selangit ini merupakan salah satu Inovasi yang dipaparkan Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan dalam penilaian dan penghargaan  pemerintah daerah inovatif (Innovative Government Award/IGA) tahun 2017 yang dilaksanakan pada akhir Oktober 2017 lalu oleh Kemendagri RI. #gky/ril

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here