Butuh Dukungan Masyarakat Wujudkan Palembang EMAS

79
Walikota Palembang Harnojoyo.

Palembang, SumselSatu.com

Pemerintah Kota (Pemko) Palembang memiliki program andalan Palembang EMAS (Elok, Madani, Aman dan Sejahtera) 2018. Namun, untuk mewujudkan program itu, dibutuhkan dukungan semua elemen masyarakat.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, beberapa program prioritas Pemko Palembang, yakni mengembangkan sektor pariwisata, menciptakan masyarakat dan sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing serta bertanggung jawab. Sementara di bidang keagamaan menggalakkan program Safari Subuh.

Menurut Harnojoyo, melalui kegiatan safari subuh yang aktif dilaksanakan, adalah salah satu cara menciptakan SDM yang bertanggung jawab. Karena, melalui peningkatan keimanan, menjadi hal yang penting dalam membentuk karakter masyarakat yang madani.

“Dulu Turki adalah negara yang sangat miskin dan memiliki hutang yang sangat banyak. Melalui program-program sosial keagamaan yang dilaksanakan Presiden Turki Recep Tayib Erdogan, lihat kondisi negara tersebut. Dan itulah yang kita impikan ke depan terhadap kota ini,” kata Harnojoyo di sela-sela kegiatan Safari Subuh di Masjid Royyanul Amin, di Jalan Letkol Ardianz, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukarami, Palembang, Sabtu (7/10/17).

Harnojoyo berharap, apa yang dilaksanakan Pemko Palembang mendapat dukungan dari masyarakat Palembang. Salah satunya adalah dengan mendukung program Safari Subuh dan gotong royong yang rutin dilaksanakan.

Kata dia, jika Shalat Subuh sudah baik, maka ibadah-ibadah lain juga akan lebih baik dan tentunya akan berdampak pada kehidupan sosial di masyarakat.

“Seperti itu juga harapan pada kegiatan gotong royong yang aktif kami laksanakan, untuk membuat palembang lebih indah dan akan berdampak pada sektor pariwisata kita,” papar politisi asal Partai Demokrat itu.

Harnojoyo berharap, Safari Subuh yang dilaksanakan akan diikuti oleh setiap jajaran hingga ke tingkat kelurahan. Dengan harapan, setiap masjid akan ramai saat Shalat Subuh, tanpa harus menunggu kehadiran pihak dari Pemko Palembang.

“Ini upaya kita memakmurkan masjid. Di mana, jika subuhnya selalu ramai, maka waktu shalat lain akan lebih ramai. Jika ibadah masyarakat kita sudah sangat baik, maka akan berdampak pada mental masyarakatnya,” tuturnya.

Sementara itu, Hatta, salah satu jemaah masjid menyampaikan, apa yang dilakukan Walikota Palembang sekarang, patut mendapat support dari setiap lapisan masyarakat. Pasalnya, program-program yang diberikan, tidak hanya menyentuh sisi pembangunan fisik semata, tetapi beliau juga mampu mengedepankan program pembentukan mental dan SDM yang bertanggung jawab.

“Kalau hanya sekadar bangun jalan, bangun jembatan dan fasilitas lain sudah biasa. Tapi selama ini mungkin beberapa pemimpin lupa dengan pembangunan mental masyarakatnya. Jika itu sudah berjalan, maka Palembang akan menjadi Turki kedua, karena dipimpin oleh pemimpin yang juga mengutamakan program keagamaan dan sosial,” tuturnya. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here