Tandukan Beto Bungkam Persija

57
KAWALAN KETAT-Bek sayap SFC Markho Sandy mendapat pengawalan ketat tiga pemain Persija, pada lanjutan Liga 1 di Stadion Bumi Sriwijaya, Sabtu (7/10/2017) Foto : Darmansyah.

Palembang, SumselSatu.com

Sriwijaya FC (SFC) mendulang poin sempurna menyusul kemenangan tipis 1-0 atas Persija Jakarta, pada lanjutan Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia. Tiga poin berharga ini didapat lewat tandukan Alberto Goncalves di menit 76.

Dengan kemenangan ini, Laskar Wong Kito naik satu tingkat ke posisi 12 dengan 34 poin menggeser Persela Lamongan. Sedangkan Persija tidak beranjak dari peringkat enam dengan 46 poin.

Bertanding di Stadion Bumi Sriwijaya, Sabtu (7/10/2017), SFC mengandalkan Alberto Goncalves, Hilton Moreira, Anis Nabar dan Nur Iskandar di lini depan. Hasilnya, SFC menguasai pertandingan pada awal babak pertama. Peluang pertama didapat Nur Iskandar, namun tendangan kerasnya mampu diblok pemain Persija dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Menit ke tujuh, Persija membalas lewat tendangan keras Fitrah Ridwan, namun masih melambung di atas gawang SFC yang dikawal Sandy Firmansyah. Hingga menit ke-20, belum ada peluang berbahaya yang dihasilkan kedua tim.

Tiga menit berselang, SFC memiliki peluang melalui tendangan bebas Hilton Moreira. Namun, eksekusi yang kurang baik membuat peluang itu mentah di barisan pertahanan Macan Kemayoran.

Menit ke-37, Persija nyaris memecah kebuntuan setelah Pandi Lestaluhu mendapat peluang emas. Menerima umpan sepak pojok Ismed Sofyan, Pandi melakukan beberapa gerakan tipuan. Sayang, tendangan kerasnya mampu diblok Sandy Firmansyah.

Menit 40, Hilton juga punya peluang, namun tendangan yang tidak akurat membuat bola hanya melambung di atas mistar gawang Persija yang dikawal Andritany Ardhiyasa. Hingga turun minum, skor kacamata bertahan untuk kedua tim.

Babak kedua dimulai, Pelatih Persija Alessandro Stefano Cugurra ‘Teco’ Rodrigues memberikan instruksi untuk bermain lebih terbuka. Sementara SFC pada menit awal memilih bermain di setengah lapangan sendiri. Peluang pertama didapat gelandang Persija Fitra Ridwan di menit 49. Peluang ini dengan mudah diamankan Sandy Firmansyah.

Semenit kemudian, SFC punya peluang mencetak gol lewat kaki Nur Iskandar memanfaatkan umpan datar Anis Nabar, namun dengan sigap mampu digagalkan Andritany. Menit 62, Persija memasukkan Novri Setiawan menggantikan Pandi Lestaluhu untuk menambah daya gedor Macan Kemayoran. ‘Counter Strategy’ dilakukan Pelatih SFC Hartono Ruslan dengan mengganti Anis Nabar dengan ‘Super Sub’ Airlangga Sucipto.

Pergantian kedua dilakukan Persija dengan memasukkan Bambang Pamungkas dan menarik keluar Rudi Widodo di menit 69. Meski kedua tim sudah melakukan pergantian pemain, belum ada peluang emas yang dihasilkan SFC mau pun Persija.

Hilton kembali membuang kesempatan mencatatkan nama di papan skor setelah tendangan bebasnya di menit 72 belum menemui sasaran. Gol yang ditunggu akhirnya hadir melalui kepala Beto Goncalves. Menerima umpan crossing Markho Sandy menit 76, Beto mampu menanduk bola yang tidak mampu dijangkau Andritany. Gol ke-15 Beto itu, membuat SFC unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Persija menampilkan permainan ofensif. Tim tamu sempat melakukan protes setelah wasit tidak memberikan hadiah penalti saat Bambang Pamungkas dijatuhkan Yanto Basna di kotak terlarang. Terus menyerang, Persija tetap gagal menjebol gawang SFC hingga laga berakhir. SFC pun mengamankan tiga poin krusial dengan skor akhir 1-0. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here