Cuaca Buruk Tak Halangi Bantuan RI untuk Rohingya di Bangladesh

31
Bantuan pemerintah RI untuk pengungsi Rohingya

Jakarta, SumselSatu.com

Bantuan perintah Indonesia berupa 5 tenda telah sampai di lokasi pengungsian warga Rohingya di Bangladesh. Tenda-tenda itu belum bisa didirikan karena terkendala cuaca dan penerangan.

Hujan lebat sejak Rabu, 20 September 2017 siang waktu setempat menyebabkan jalanan penuh lumpur dan sulit dilewati truk yang membawa tenda. Truk-truk itu baru sampai di lokasi pada malam hari sehingga tenda tak bisa didirikan karena minimnya penerangan.

“Upaya pemasangan tenda hari ini terkendala hujan lebat,” kata Dubes RI untuk Bangladesh, Rina Soemarno, dalam keterangannya, Kamis (21/9/2017).

Kelima tenda itu rencananya akan didirikan di Ukhia, Teknaf, yang merupakan salah satu kamp besar pengungsi Rohingya di Bangladesh. Daerah itu berjarak 4 km dari perbatasan Bangladesh dengan Myanmar.

Meski terkendala cuaca, bantuan berupa makanan dan perlengkapan lainnya tetap bisa disalurkan. Rencananya tenda-tenda tersebut akan didirikan pada esok hari.

“Distribusi barang bantuan yang hari ini dapat dilaksanakan hanyalah makanan siap saji dan family kit,” lanjut Rina.

Pendistribusian bantuan dari Indonesia pada Selasa (19/9) dipusatkan di 7 lokasi di Upazila, Ukhia. Bantuan yang diberikan berupa beras yang sudah dimasak menjadi nasi Kichuri di dapur umum Upazila. Pendistribusian bantuan itu diperluas menjadi 12 lokasi pada Rabu (20/9), yaitu dengan tambahan 5 lokasi di Upazila, Teknaf. #min

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here