Deru Ingin Pembangunan KT Embarkasi Haji Dilanjutkan

3
BERFOTO---Gubernur Sumsel Herman Deru (berbaju batik) dan Danlanud SMH Kolonel PNB Firman Wirayuda, berfoto bersama didampingi ASN Pemprov Sumsel, di Griya Agung, Palembang, Selasa (11/2/2020). (FOTO: SS1/IST/DOK.HUMAS PEMPROV SUMSEL)

Palembang, SumselSatu.com

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru menginginkan agar pembangunan Kawasan Terpadu (KT) Embarkasi Haji Palembang dapat dilanjutkan.

“Saya ingin mengajak agar embarkasi haji dapat dijalankan. Ini bangunan yang sangat monumental apalagi ini untuk umat Muslim,” ujar Deru saat menerima kunjungan Danlanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Kolonel PNB Firman Wirayuda, di Griya Agung, Palembang, Selasa (11/2/2020).

Deru mengajak Danlanud SMH Palembang bersama-sama mencari solusi atas kendala pembangunan KT Embarkasi Haji Palembang tersebut. Sehingga, pembangunan dapat dilanjutkan.

“Mari kita cari jalan yang terbaik. Tidak begitu penting itu punya Danlaud atau bahkan pemprov, akan tetapi itu untuk kepentingan bangsa. Yang penting ini dapat segera dibangun kembali,” kata Deru.

“Saya harap Asisten I Pemprov Akmad Najib bersama instansi terkait untuk ditindaklanjuti ini. Kita selesaikan dan kita cari persamaan, apalagi untuk kepentingan bangsa dan masyarakat luas,” kara Deru kepada yang hadir dalam kesempatan itu.

Danlanud SMH Kolonel PNB Firman Wirayuda menyampaikan akan terus bersinergi bersama Pemprov Sumsel dalam mendukung pembangunan di Sumsel.

Terkait Embarkasi Haji, Danlanud mengatakan, agar aset tersebut tetap dijaga.

“Bagaimanapun ini sebagai bentuk aset pemerintah, tentu untuk dijaga, akan tetapi sesuai dengan peraturan yang ada,” kata Firman.

Ia juga mendukung agar Manasik Haji itu dapat dijalankan mengingat embarkasi sangat penting bagi masyarakat luas, terutama bagi yang akan berangkat haji maupun umrah.

“Saya juga mendukung agar pemanfaatan manasik haji dapat berjalan baik, karena saya menilai ini sangat berguna untuk masyarakat luas,” katanya.

KT Embarkasi Haji selama ini digunakan sebagai tempat seluruh calon jemaah haji dan umrah untuk manasik sebelum menjalankan ibadah ke Tanah Suci. Lokasi manasik haji diresmikan pada 2017 dan dilengkapi bangunan berbentuk Kabah dengan ukuran aslinya. Terdapat lintasan sai, latihan melempar jumrah, mock-up pesawat jenis Airbus 230, museum Islam, dan hotel syariah.#nti 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here