Dihajar Malaysia, Peluang Indonesia Makin Sulit

43
Pemain Indonesia, M Hargianto, berusaha mengontrol bola dalam pertandingan pertama Grup H Kualifikasi Piala Asia U-23 melawan Malaysia, Rabu (19/7/2017). (Foto: Kompas.com)

Bangkok, Sumselsatu.com – Timnas Indonesia U-22 harus menelan kekalahan telak 0-3 di tangan Malaysia pada laga pertama babak kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Nasional Thailand, Bangkok, Rabu (19/7/2017). Dengan kekalahan ini, peluang skuad Garuda Muda buat lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2018 di Tiongkok amat berat.

Indonesia sudah kebobolan di menit keempat saat pemain Malaysia, Safiq Ahmad, menggetarkan gawang yang dijaga oleh Satria Tama. Safiq mampu lepas dari pengawalan lini belakang Indonesia dan dengan dingin menaklukkan Satria Tama dalam duel satu lawan satu.

Pada menit ke-19, Malaysia menggandakan skor jadi 2-0 lewat Jafri Hisyam. Bermula dari tendangan bebas Danial Amier Norhisham, bola kiriman disambut sundulan Jafri, tanpa mampu diamankan Satria Tama.

Hanya berselang sepuluh menit, Indonesia kembali dihukum lewat bola mati. Kali ini, Thanabalan Nadarajah menyundul bola dari sepak pojok. Thanabalan berdiri bebas saat menanduk bola. Skor 0-3 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, pelatih Timnas Indonesia U-22, Luis Milla, melakukan perubahan pemain. Evan Dimas dan Asnawi Mangkualam masuk. Permainan Tim Garuda Muda menjadi lebih agresif karena dalam 25 menit babak kedua terus menekan. Seiring, permainan Malaysia yang mulai cenderung bertahan.

Hargianto melepaskan tendangan dari luar kotak penalti tetapi bola masih bisa ditepis kiper Malaysia pada menit ke-63. Semenit kemudian, Febri Hariyadi berhasil mengecoh kiper Ifwat Akmal. Namun, bola hasil tembakan Febri masih melenceng.

Ironisnya, Indonesia malah harus bermain dengan 10 pemain saat Asnawi Bahar mendapatkan kartu merah di menit ke-70. Kehilangan satu pemain membuat Indonesia makin sulit membongkar pertahanan Malaysia.

Indonesia pun mengakhiri pertandingan dengan kekalahan 0-3. Selepas kekalahan dari Malaysia, Indonesia wajib meraup poin maksimal saat menghadapi Mongolia (21/7/2017) dan Thailand (23/7/2017). Ada 15 tim yang akan lolos dari babak kualifikasi Piala Asia ini dengan rincian 10 juara grup dan lima runner up terbaik, plus tuan rumah Tiongkok. (ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here