Disdik Belum Terima Laporan Kendala UN

71
HARI PERTAMA---Siswa SMKN 2 mengikuti UNBK, Senin (2/4/2018) (FOTO : SS1/Yanti)

Palembang, SumselSatu.com

Dinas Pendididkan Provinsi Sumsel Widodo belum menerima laporan terkait kendala pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Pensil dan Kertas (UNKP) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada hari pertama, Senin (2/4/2018).

Widodo mengatakan, sampai saat ini belum ada laporan terkait pelaksanaan UNBK 2018 untuk SMK hari pertama di Provinsi Sumsel, apakah ada kendala baik teknis maupun non teknis.

“Belum ada laporan ke saya dari SMK penyelenggara UNBK maupun UNKP. Biasanya jika ada kendala mereka akan melapor. Namun hari pertama UN belum ada laporan,” ujarnya usai memantau pelaksanaan UNBK di SMKN 3 Palembang, Senin (2/4/2018).

Widodo berharap, jika terjadi kendala yang dialami oleh siswa SMK dalam pelaksanaan UN seperti macet, hujan dan lainnya diharapkan siswa tidak menjadi dikorbankan. Namun harus disiasati dengan UN susulan.

“Kita berharap hingga hari terakhir UN tidak terjadi kendala apapun, baik siswa yang melaksanakan UNBK dan UNKP,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMKN 3 Palembang, Hernawati mengungkapkan, ada 561 siswa yang melaksanakan UNBK di sekolah tersebut. 509 siswa di antaranya berasal dari SMKN 3 Palembang, 37 siswa berasal dari SMK Penerbangan Sriwijaya Palembang dan 15 siswa dari SMK Muhammadiyah 4 Palembang.

“Hari ini pelajaran bahasa Indonesia. Ada tiga sesi, sesi pertama mulai jam 07.30-09.30 WIB, sesi kedua jam 10.30-12.30 WIB, dan sesi ketiga 14.00-16.00 WIB,” bebernya.

Dia menuturkan, berbagai persiapan telah dilakukan pihaknya sebelum pelaksanaan UNBK. Hingga saat ini pihaknya belum.menemukan kendala mulai dari masalah jaringan, listrik hingga ketersediaan komputer.

Hal senada diungkapkan Kepala SMKN 2 Drs Zulkarnain, MT, yang mengatakan, siswa yang mengikuti UNBK dari SMKN 2 sebanyak 878 siswa dan 18 siswa SMK Trisakti. Jadi total yang mengikuti UNBK di sini 896 siswa.

“Kita menggunakan 12 ruangan dan 299 komputer client. Alhamdulilah 100 persen siswa hadir, pengawas dan operator juga standby. Pengawas kita silang dari subrayon 04,” ujarnya.

Dia menuturkan UNBK hari ini Bahasa Indonesia. Kemudian 3 April Matematika, 4 April Bahasa Inggri dan 5 April Ujian Kejuruan.

“Untuk penialaian kelulusan digabung USBN, MID Semester, UNBK dan UKK. Jadi kelulusan tidak hanya dari nilai UNBK saja tapi dari seluruh yang dilaksanakan sekolah,” pungkasnya. #nti 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here