Dorong Kemajuan Kewirausahaan, Pemko Gulirkan Pinjaman UMKM

51
UMKM----Majalah UsahaKIta Plus adalah majalah gratis yang menjadi mitra UMKM mengembangkan usaha.

Palembang, SumselSatu.com

Pemerintah Kota (Pemko) Palembang di bawah kepemimpinan Walikota Harnojoyo dan Wakil Walikota Fitrianti Agustinda terus mengedepankan program pembangunan pro rakyat.

Untuk mendorong kemajuan kewirausahaan, Pemko Palembang memberikan pinjaman bergulir bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Demikian disampaikan Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palembang Juana Ria, pada talkshow bertema ‘Menumbuhkan UMKM dan Wirausaha di Kalangan Generasi Muda‘ yang dilaksanakan Bagian Humas Setda Kota Palembang, Rabu (27/9/2017).

Hadir pula pada kegiatan tersebut Kasi Pengawasan Koperasi dan UMKM  Dinas Koperasi dan UMKM Palembang Ida Rodiyani, dan Muhammad Syafril mewakili Bagian Humas Setda Palembang.

“Masyarakat yang ingin mengajukan pinjman harus telah memiliki usaha dan merupakan penduduk Kota Palembang dibuktikan dengan KTP. Ini sifatnya pinjaman bergulir, dan syaratnya tidak sulit. Sebagai permulaan pinjaman diberikan sebesar Rp3 juta perorang,” terang Juana Ria.

Selain itu terdapat pula bantuan bagi wirausaha pemula dari Kementerian Koperasi dan UMKM. Pengajuannya difasilitasi Dinas Koperasi dan UMKM Palembang. Bantuan ini akan diseleksi langsung kementerian, dan para calon wirausaha pemula yang lolos seleksi akan mendapat bantuan maksimal Rp13 juta.

Ditambahkannya, untuk memajukan dan menambah daya saing usaha, Dinas Koperasi UMKM rutin memberikan pembinaan  kepada para wirausaha. Pembinaan yang diberikan berkaitan dengan pemasaran, pengembangan produk, dan pembuatan kemasan.

Dinas Koperasi dan UMKM juga menggelar bimtek bagi generasi muda yang ingin berwirausaha. Tujuannya, untuk membuka wawasan dan pola pikir generasi muda tentang kewirausahaan.

Mindset generasi mudah kita setelah kuliah adalah cenderung untuk mencari kerja bukan  menjadi wirausaha. Ini tantangan kita untuk mengubah mindset tersebut,” katanya. #ian

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here