Genjot PAD, Pemko Palembang Optimalkan Sektor Pariwisata

46

Palembang, SumselSatu.com

Pemerintah Kota (Pemko) Palembang melalui Dinas Pariwisata terus mengoptimalkan sektor pariwisata guna meningkatkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Pasalnya, banyak sumber penghasilan yang bisa didapat dari sektor pariwisata di antaranya, pajak hotel, tempat hiburan dan lain-lain.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan, banyak kota-kota di luar Palembang yang sektor pariwisatanya mengalami kemajuan dan sudah menjadi Leading Sector (Sektor Pemimpin), yaitu sektor potensial yang dapat berperan sebagai penggerak bagi sektor-sektor lainnya.

Namun untuk menunjang sektor tersebut tentu tidak hanya menjadi tugas dari Dinas Pariwisata sendiri, melainkan diperlukan sinergitas yang solid dengan seluruh dinas-dinas terkait di Kota Palembang.

“Apalagi Pak Walikota sudah berniat ingin menjadikan sektor pariwisata ini menjadi Leading Sector di Kota Palembang,” kata Isnaini Madani saat menghadiri Bimbingan Teknis Pramuwisata 2019 Kota Palembang di Hotel Aston, Kamis (2/5/2019).

Isnaini menambahkan, apabila pariwisata di Kota Palembang sudah menjadi Leading Sector, maka pariwisata di Kota Palembang dapat disetarakan dengan pariwisata di Bali.

Dia menjelaskan, pariwisata di Bali itu sudah menjadi industri Leading Sector. Untuk itu, jika Palembang dapat menerapkan seperti di Bali, maka seluruh stakeholder terkait dengan sendirinya akan tergerak menjaga segala aspek yang berhubungan dengan pariwisata di antaranya menjaga kebersihan, keamanan dan kenyamanan tanpa menunggu perintah dari pemerintah setempat.

“Saya berharap, sektor pariwisata di Kota Palembang dapat berkembang dengan cepat seiring dengan sinergitas dari seluruh stakeholder terkait. Karena untuk menjadi Leading Sector seperti di Bali, sektor pariwisata di Kota Palembang belum bisa mencapainya,¬† karena baru sebatas visi,” tukasnya. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here