Korut Tunda Serangan Rudal ke Guam, Trump: Sangat Bijaksana

49
Donald Trump

Washington, SumselSatu.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada hari Rabu memuji pemimpin Korea Utara Kim Jong Un untuk menunda peluncuran rudal ke Kepulauan Guam. Trump menilai langkah Kim Jong Un yang menunda peluncuran rudal adalah langkah bijak.

“Kim Jong Un dari Korea Utara membuat keputusan yang sangat bijaksana dan beralasan,” Trump menulis di Twitter, yang dikutip Reuters, Kamis (17/8/2017).

Truno mengatakan, keputusan yang dibuat Kim Jong Un meredakan hubungan panas antara AS dan Korut. Menurutnya, AS tidak akan tinggal diam jika peluncuran rudal itu tetap dilakukan Korut.

Sebelumnya diberitakan, warga Guam merasa senang mengetahui pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un menunda serangan rudal. Otoritas Guam menegaskan tidak ada perubahan respons dalam menghadapi ancaman rudal Korut.

Kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA), melaporkan Kim Jong-Un telah mendapat penjelasan soal rencana serangan rudal ke Guam, wilayah Amerika Serikat (AS) di Pasifik. Namun Kim Jong-Un memutuskan untuk menunda peluncuran rudal-rudal balistik ke Guam.

Pemerintah Amerika Serikat juga masih tetap berminat untuk melakukan dialog dengan Korea Utara.

“Kami tetap berminat untuk menemukan cara-cara untuk melakukan dialog, namun itu tergantung pada dia (Kim),” ujar Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson dilansir kantor berita AFP, Rabu (16/8/2017).¬†(min/dtk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here