KPU PALI Sosialisasikan Pencalonan Bupati

16
FOTO BERSAMA----Ketua KPU PALI Sunario foto bersama para tamu undangan dalam acara Sosialisasi Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Kabupaten PALI. Kegiatan itu dilaksakan di Gedung Pesos Komperta Pendopo, Kecamatan Talang Ubi, PALI, Kamis (12/12/2019). (FOTO: SS1/HABIBI)

PALI, SumselSatu.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), menggelar acara Sosialisasi Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Kabupaten PALI. Kegiatan itu dilaksakan di Gedung Pesos Komperta Pendopo, Kecamatan Talang Ubi, PALI, Kamis (12/12/2019).

Ketua KPU PALI Sunario, SE, menyampaikan, pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerag dan Wakil Kepala Daerah (Pemilukada) PALI tinggal 286 hari lagi.

“Proses tahapan sudah dimulai, saat ini sudah memasuki pengumuman untuk persyaratan pencalonan perorangan. Sementara untuk pendaftaran calon, baik jalur parpol maupun perseorangan akan dilakukan 8 Juni 2020 nanti,” ujar Sunario.

Kegiatan itu diikuti perwakilan partai politik (Parpol), organisasi kemasyarakatan dan pemuda (OKP). Hadir pula Kapolres PALI, Kajari PALI, serta Bawaslu dan Danramil serta Brimob Subden C PALI.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) PALI Syahron Nazil, SH, mengatakan, Pemilukada merupakan bagian dari proses demokrasi yang harus menjunjung tinggi persatuan, kesatuan, dan persaudaraan.

“Antara yang dipilih dan memilih, tentu banyak yang memilih. Untuk itu, kami berharap Pilkada jangan sampai membawa perpecahan. Perbedaan pasti ada, ketidakpuasan pasti ada, namun tetap kita hindarkan pertikaian. Demi menjaga keutuhan Kabupaten PALI,” kata Nazil.

Sekda menyampaikan, ada tiga hal yang dapat dilakukan semua pihak agar proses demokrasi berjalan dengan baik.

“Pertama, sebelum pelaksanaan pemilihan, perlu dilakukan pendataan dan sosialisasi kepada para pemilih. Dan mengajak kepedulian kepada masyarakat untuk datang ke bilik suara untuk pencoblosan. Kemudian kedua, ketika pelaksanaan pastikan seluruh komponen terakomodir dan terlayani. Semua pemilih dapat menggunakan hak pilihnya, jangan sampai ada warga yang tidak diberikan kesempatan untuk memilih,” katanya.

“Ketiga pascapencoblosan, KPU mengawal dan memastikan proses itu dapat tercapai sampai penghitungan suara. Serta meminimalisir kesalahan dengan berkaca pada Pemilu sebelumnya.  Yang tak kalah penting menjalin komunikasi dan koordinasi dengan unsur-unsur terkait. Semoga tahapan Pilkada PALI berjalan dengan baik dan kondusif,” tambah Sekda PALI. #abi

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here