Mendidik Generasi Muda Melalui Pramuka

92
Suasana pramuka yang dilakukan Kodim 0418/Palembang. Kegiatan ini diikuti 600 perserta.

Palembang, Sumselsatu.com – Kodim 0418/Palembang menggelar kegiatan Perkemahan Bakti Saka Wira Kartika, bertempat di Bumi Perkemahan Kwartir, Kelurahan Srijaya, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Sabtu (22/7/2017). Kegiatan ini diikuti 600 pramuka dari tingkat SMP dan SMA se-Kota Palembang.

Asisten III Pemkot Palembang III Agus Kelana menyampaikan bahwa Perkemahan Wirakartika adalah suatu kegiatan pertemuan rutin pramuka yang dirancang dan diselenggarakan untuk menambah pengalaman, pengetahuan dan keterampilan khususnya di bidang Saka Wirakartika.

Sebagaimana kegiatan-kegiatan kepramukaan lainnya, peran atau dukungan orang dewasa dalam kegiatan ini tetap ada, sejiwa dengan sistem Among yaitu Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri Handayani.

Melalui pendekatan belajar sambil melakukan kegiatan, diharapkan para Pramuka belajar mengelola suatu kegiatan besar dengan segala tantangannya.

Sektetaris Kwarcab Kota Palembang ini menambahkan, kegiatan perkemahan ini dilaksanakan dalam rangka membentuk karakter generasi muda yang bermental satria, kuat menghadapi tantangan.

“Untuk itu ikutilah semua rangkaian kegiatan yang telah dirancang oleh panitia dan junjung tinggi rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan serta kegotong royongan sesama anggota pramuka,” ujarnya.

Adapun tujuan gerakan pramuka adalah mendidik dan membina kaum muda Indonesia guna mengembangkan mental, moral spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisiknya. Sehingga mereka akan menjadi manusia berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Serta memiliki kecerdasan, tinggi mutu keterampilannya, kuat dan sehat jasmaninya. Dan juga sebagai warga Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada NKRI. Selain itu, menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara,” tambahnya.

Kegiatan ini diikuti siswa dan siswi SMP dan SMA yang terdiri dari SMA Muhammadiyah, SMAN 16, MAN 2 Model, SMA Abadiyah, SMKN 6, SMA Aisiyah, SMAN 15, SMA YWKA, SMK/SMA Bina Jaya, SMA PGRI 2, MAN 1, SMAN 22, MA Muqimus Sunah, SMAN 12, SMAN 5 , MAN 3, SMP Teladan, SMPN 43, SMP Mandiri, SMPN 41, SMPN 42, SMPN 32 dan SMPN 5. Adapun kegiatannya meliputi materi Krida Saka Wirakartika dan ceramah wawasan kebangsaan, pemutaran film perjuangan, Api unggun, senam pagi, penanaman pohon dan outbound.

Kegiatan ini juga dihadiri Dandim 0418/Palembang Letkol Inf Romas Herlandes, Pasi Bhakti Siter Korem 044/Gapo Mayor Inf Mujari, Kasdim 0418/Palembang Mayor Inf Banu Tricahyono, para Pasi dan Danramil jajaran Kodim 0418/Palembang, serta para Ka Kwaran se-Kota Palembang. (Ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here