Minta Dukungan Jadi Tuan Rumah PON XXI, Bali Janjikan Konsumsi Gratis

33

Palembang, SumselSatu.com

Sumsel menjadi pusat perhatian calon tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI-2024. KONI Provinsi Bali sebagai salah satu calon tuan rumah pesta olahraga antar provinsi se-Indonesia tujuh tahun lagi ini mendatangi Bumi Sriwijaya untuk meminra dukunan.

“Jadi tujuan kedatangan pengurus KONI Bali ke sini (Sumsel-red) untuk meminta dukungan menjadi tuan rumah PON XXI. Bali akan menjadi tuan rumah bersama Nusa Tenggara Barat (NTB),” kata Ade Karyana wakil sekretaris KONI Sumsel usai terima audensi pengurus KONI Bali di Sekretariat KONI Sumsel, Kamis (20/12/2017) pagi.

Menurut Ade, sapaan akrabnya, yang turut didampingi Amir Faisal bidang audit internal KONI Sumsel dan Tony Pusriyadi bidang sekretariat KONI Sumsel Bali akan menjadi tuan rumah 34 cabang olahraga. Sementara NTB akan menyelenggarakan 10 cabang olahraga.

”Di Bali akan tersebar di 11 kabupaten dan kota,” terang mantan kepala dinas pendidikan provinsi Sumsel ini.

Namun sayang, Bali datang terlambat. Sebelumnya provinsi terkaya kelima di era otonomi daerah ini sudah terlebih dahulu kedatangan Aceh–Sumatera Utara (Sumut) dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Bahkan KONI Sumsel sudah memberikan dukungan. “Kita sudah memberikan dukungan ke Aceh-Sumut. Bahkan, sudah memberikan surat peryataan. Namun inikan masih lama, dan belum final sudah tentu bisa berubah dukungan. Lagi pula ketentuan tuan rumah PON akan diambil dalam Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub),” tandas dia.

Untuk meyakinkan kontingan lain, Bali berjanji akan menyiapkan konsumsi bagi atlet, pelatih, dan ofisial bagi para tamu. “Tapi jangan seperti PON di Kaltim 2008. Ya, dulu Kaltim juga janji akan memberikan konsumsi pada kontingen peserta, tapi kenyataanya harus bayar sendiri,” timpal Tony Pusriadi.

Di sisi lain Ir Ida Ayu Ratih Wasekum KONI Provinsi Bali memberikan apresiasi pada Sumsel. Di mana sudah berhasil menjadi tuan rumah multievent olahraga baik nasional maupun internasional. Sebut saja PON XXIV, SEA Games XXVI-2011, Islamic Solidarity Games (ISG) III-2013 serta Asean University Games (AUG) XVI-2014.

Bahkan kini Sumsel menyongsong menjadi tuan rumah Asian Games XVIII-2018 bersama DKI Jakarta. “Mohon dukungan pada KONI Sumsel untuk menjadi tuan rumah PON XXI 2024 bersama NTB. Kami minta pada KONI dan pak gubernur Sumsel agar bersama-sama kami mendukung PON di Bali bersama NTB,” kata Ida, didampingi Ir Igan Susrana Bidang Organisasi, I Gede Suadi SH ketua umum KONI Kabupaten Karang Setra.

“Kemungkinan 34 cabang olahraga di Bali dan 10 di NTB. Anggaran dipersiapkan dari 2019 selama lima tahapan,” tukas dia. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here