Pemprov Sumsel Siap Ambil Alih POI

35
MENDAMPINGI---Gubernur Sumsel Herman Deru ketika mendampingi Menpora RI Imam Nachrawi, melihat POI Palembang, Rabu (31/7/2019). (FOTO: IST/DOK.HUMAS PEMPROV SUMSEL)

Palembang, SumselSatu.com

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru menyatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel siap mengambil-alih dan mengelola Politeknik Olahraga Indonesia (POI) Palembang.

Pernyataan Herman Deru itu menyusul keluhan mahasiswa POI Palembang yang mempertanyakan kejelasan status POI. Berdasarkan peraturan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PANRB), POI yang semula secara kelembagaan berada di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), kini berada di bawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Permasalahan ini harus berkoordinasi dengan pusat. Pemprov Sumsel harus menunggu terlebih dahulu. Namun demikian, apabila sekira kemungkinan buruk terjadi, Pemprov Sumsel siap mengambil-alih dan mengelola POI, karena aset POI, seperti lahan, adalah milik Pemprov Sumsel,” kata Herman Deru ketika mendatangi POI bersama Menteri Pemudan dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nachrawi, Rabu (31/7/2019).

Sebelumnya, Deru mengatakan, siap mengawal dan memperjuangkan kejelasan status POI.

“Saya segera tindaklanjuti. Saya perintahkan kepada Kadispora untuk segera mengurus hal ini ke pusat dan mencari titik terang,” kata Deru.

Menpora Imam Nachrawi juga menyatakan, Kemenpora bersedia mengelola POI secara kelembagaan.

“Kemenpora bersedia mengelola POI. Namun hal ini masih harus dibicarakan lebih lanjut bersama Kemenristekdikti. Saya juga minta kepada para mahasiswa POI untuk bersabar,” katanya.

Pemprov Sumsel bersama Kemenpora RI pada 15 Juni 2017 melakukan kesepakatan untuk mendirikan POI. Pemprov Sumsel menyediakan lahan, Kemenpora mempersiapkan perizinan dan operasionalnya. Sebelumnya Pemprov Sumsel menyediakan lahan seluas 17,61 hektar, tetapi kemudian menjadi  10 hektar.

POI Palembang resmi didirikan pada Novemner 2017 lalu oleh Alex Noerdin selaku Gubernur Sumsel bersama Raden Isnanta selaku Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI. Pada peresmian tersebut, Raden Isnanta langsung memberikan kuliah umum perdana di Griya Agung, Palembang, dan diikuti sebanyak 90 mahasiswa Angkatan I 2017/2018. Kampus POI berada di kompleks Pusat Olahraga Jakabaring (POJ) Palembang. #nti

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here