Perlu Informasi Pemilu? Datang Saja ke Rumah Pintar Pemilu KPU Mura

65
RESMIKAN---Staf Ahli Bupati Mura, Amran Muslimin bersama Komisioner KPU Mura saat meresmikan Rumah Pintar Pemilu, Sabtu (21/4/2018).

Musirawas, SumselSatu.com

Masyarakat Kabupaten Musi Rawas (Mura) bisa mengetahui lebih lanjut mekanisme tentang pemilihan umum (pemilu) beserta aturan yang terkait, dengan mendatangi ke Rumah Pintar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mura, yang berlokasi di Jalan Lintas Sumatera KM 28 Kecamatan Muara Beliti.

Di dalam Rumah Pintar yang dibuat mirip seperti ruang perpustakaan itu, dilengkapi dengan beberapa regulasi aturan pemilu. Di bagian depan pintu masuk ada mini simulasi pelaksanaan pemilu pertahapan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Lalu, di ruang lainnya ada baleho berisi foto-foto komisioner KPU Mura, bersama sebelas partai politik peserta pemilu dan pamflet berisi informasi pelaksanaan Pemilu dari tahun 1995 serta ada laptop beserta proyektor berisi regulasi pelaksaan Pemilu.

“Rumah Pintar Pemilu ini berisi semua regulasi pemilu, peserta dan berbagai mini simulasi tahapan pemilu. Semuanya tersajikan dengan jelas, di mana ada petugas yang memandu semuanya,” tegas Komisioner KPU Mura Bidang SDM dan Farmas, M Dasril, SE, MM, saat peresmian Rumah Pintar Pemilu dan pagelaran seni budaya menyongsong satu tahun pemilu serentak tahun 2019 di Kantor KPU Mura, Sabtu (21/4/2018).

M Dasril menjelaskan, siapapun bisa mendatangi rumah pintar pemilu ini. Sehingga, masyarakat secara luas memahami regulasi pemilu dan proses pemilu yang telah dilaksanakan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari tahun 1995 hingga sekarang lengkap dengan jumlah peserta pemilu yang ada.

“Kita ingin berikan informasi langsung ke masyarakat Kabupaten Mura. Silahkan masyarakat datang ke kantor KPU Mura untuk mendapatkan informasi seputar pemilu. Setiap hari dibuka selama aktivitas kerja,” jelas dia.

Selain itu, komisioner KPU Mura juga menekankan kepada seluruh penyelenggara pemilu. Untuk mensosialisasikan dengan sistem keluarga dan forum warga tentang pelaksanaan pemilu serentak. Salah satunya pemilihan gubernur Sumsel pada 27 Juni mendatang.

“Kami ingin gencar sosialisasi. Sistem keluarga dan forum warga tidak memakan biaya. Untuk keluarga jangan sampai tidak mengetahui kapan pelaksanaan pilgub Sumsel. Secara berantai beri pemahaman di masyarakat sekitar. Sedangkan, forum warga setiap ada kegiatan warga sosialisasikan mengenai pelaksanaan pilgub Sumsel dan pemilu serentak,” ujar Dasril.

Sementara itu, Bupati Mura, H Hendra Gunawan melalui Staf Ahli Bupati, Amran Muslimin mengatakan rumah pintar pemilu menjadi sarana pembelajaran dan penyampaian informasi seputar pemilu kepada masyarakat.

“Kita berharap rumah pintar pemilu ini memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan seluruh komponen pembangunan di Kabupaten Mura. Untuk mengerti dan paham tentang pemilu beserta tahapannya serta regulasinya,” pungkasnya. #gky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here