Pertamina EP Raih 8 Penghargaan

18
HERO----Para penerima penghargaan Local Hero Awards 2019, dalam puncak perayaan HUT PT Pertamina (Persero) Ke-62, di Jakarta. (FOTO: SS1/IST/DOK.PERTAMINA EP)

Jakarta, SumselSatu.com

PT Pertamina EP meraih delapan penghargaan Local Hero Awards 2019 dan Proper Hero Awards 2019. Penghargaan diberikan pada acara puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) PT Pertamina (Persero) Ke-62, di Lantai Mezzanine, Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, penghargaan itu menjadi salah satu bukti kepedulian Pertamina dalam membina pengusaha mikro, kecil, dan menengah.

Dia mengatakan, sebagai badan usaha milik negara (BUMN), Pertamina tidak hanya sebatas bertujuan menciptakan keuntungan semata. Namun, berperan aktif terhadap peningkatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Para Local Hero inilah, yang terlibat langsung dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi mikro. Kehadiran kami (Pertamina) sebagai badan usaha di seluruh Indonesia harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar wilayah operasi,” ujar Nicke Widyawati.

Delapan penghargaan diraih Pertamina EP, yakni Local Hero Award 2019 yang terbagi empat kategori, yaitu kategori berdikari, kategori sehat, kategori hijau, dan kategori cerdas.

Pada kategori berdikari, Pertamina EP meraih penghargaan peringkat pertama yang diberikan kepada Armisda, mitra binaan Pertamina EP Asset 4 Poleng Field, dan peringkat ketiga untuk Suhartini, mitra binaan Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field.

Armisda merupakan inisiator kelompok olahan pangan Mbok Doudo yang terdiri dari ibu-ibu eks Tenaga Kerja Indonesia (TKI), penggerak kader lingkungan kampung aloevera, serta penggerak kader lingkungan Desa Doudo. Sedangkan Suhartini memiliki inovasi berupa minuman herbal perpaduan antara jahe dan pinang.

Selanjutnya kategori sehat, Pertamina EP mendapatkan penghargaan peringkat pertama diberikan kepada dr Yazid M Nur, binaan Pertamina EP Asset 5 Sangasanga Field, dan peringkat tiga untuk Rini Widayati, binaan Pertamina EP Asset 2 Limau Field.

Yazid merupakan inisiator Community Based Healthcare System di Kecamatan Samboja, seperti penanggulangan stunting pada anak dan lainnya, yang melibatkan masyarakat untuk menjadi kader kesehatan hingga berjumlah lebih dari 700 orang. Yazid juga aktif membentuk forum-forum promosi kesehatan dengan berbagai inovasi.

Masih seputar stunting, Rini juga berinovasi menggunakan daun kelor yang sebelumnya kurang dilirik masyarakat menjadi produk yang dapat membantu menurunkan angka gizi kurang di lingkungannya.

Pada kategori hijau, Pertamina EP juga memperoleh peringkat pertama yang ditujukan kepada Sardji Sarwan, mitra binaan Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field dan Syamsul Asinar, mitra binaan Pertamina EP Asset 2 Prabumulih Field.

Sardji berhasil mengungguli Local Hero lainnya dengan program pengolahan minyak jelantah menjadi biodiesel dan penggerak masyarakat dalam pengolahan sampah di Kampung VI, serta replikasi program hingga di luar Kota Tarakan.

Program terkait sampah ini juga yang mengantarkan Syamsul Asinar menjadi juara dua dalam kategori yang sama.

Penghargaan Proper Hero Award 2019, PT Pertamina EP meraih penghargaan kembali. Juara I diraih Dedi Zikrian S dari Pertamina EP Asset 1,  Juara II Nana Sutrisna dari JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi, dan Juara III Arsy Rakhmanissazly dari  Pertamina EP Asset 1 Rantau Field.

Public Relation Manager Pertamina EP Hermansyah Y Nasroen bersyukur atas apresiasi yang diberikan.

“Semoga dengan penghargaan ini dapat terus memacu semangat kami (PT Pertamina EP) untuk berkarya dan memberikan sumbangsih terbaik untuk negeri,” katanya. #gky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here