Pesta Gol, Timnas ke Puncak Klasemen

49
PESTA GOL-Timnas Indonesia U-19 merayakan keberhasilan menjebol gawang Brunei Darussalam dalam pertandingan pertama Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Paju, Korea Selatan. (Bola.com/PSSI)

Paju, SumselSatu.com

Timnas Indonesia U-19 membuka kiprah di Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 dengan baik. Menghadapi Brunei Darussalam di laga pertama Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Paju Public Stadium, Korea Selatan, Indonesia U-19 menang telak 5-0.

Seperti telah diperkirakan sebelumnya, Egy Maulana Vikri dkk mendominasi laga sejak awal. Bermodal kecepatan, skill individu di atas lawan, dan kerja sama apik, timnas U-19 mendikte lawan.

Timnas U-19 memulai pertandingan kontra Brunei dengan penuh percaya diri. Bentuk kepercayaan diri tersebut terlihat dari serangan demi serangan yang dibangun oleh Egy Maulana Vikri dkk. Gol yang dicetak Rafli Mursalim, Muhammad Iqbal, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, dan gol bunuh diri pemain Brunei yang berusaha menghalau tandukan Asnawi Mangkualam Bahar, berbuah kemenangan besar.

Muhammad Rafli Mursalim membuka skor pada menit ke-12. Menerima crossing Firza Andhika, Rafli menanduk bola menjebol gawang Brunei. Unggul satu gol membuat timnas U-19 terus menggempur pertahanan Brunei. Rafli, Egy, M Iqbal, dan Witan Sulaiman bergantian mendapatkan peluang.

Namun belum ada tambahan gol. Baru pada akhir babak pertama, tepatnya pada menit ke-45, Timnas Indonesia U-19 berhasil menggandakan keunggulan. Tandukan kepala Asnawi Mangkualam menjebol gawang Brunei Darussalam setelah menerima umpan sepak pojok dari Egy Maulana Vikri.

Tandukan kepala Asnawi meluncur dan sempat berusaha dihalau pemain Brunei, Haris Herman. Sayang, halauan itu justru mengubah arah bola yang akhirnya tetap masuk ke dalam gawang. Keunggulan 2-0 untuk Timnas Indonesia U-19 pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Timnas U-19 melakukan pergantian pemain, Abimanyu masuk, Asnawi keluar dan Saddil masuk, Witan keluar.

Anak asuh coach Indra langsung melakukan serangan saat babak kedua dimulai. Peluang langsung didapat melalui kaki Abimanyu, sayang tendangan spekulasinya dari luar kotak penalti masih lemah, sehingga mampu dijinakan kiper Brunei.

Timnas U-19 berhasil memperbesar keunggulan melalui Iqbal di menit ke-51. Kerja samanya dengan Rafli di dalam kotak penalti Brunei, dituntaskan dengan bola chip oleh Iqbal yang mampu memperdayai kiper Brune. Skor berubah menjadi 3-0. Upaya para pemain Timnas U-19 untuk menambah gol akhirnya tercipta. Jala gawang Brunei kembali bergetar oleh Egy Maulana di menit ke-56.

Aksi penetrasinya di lini pertahanan Brunei sukses memperdayai para pemain belakang Brunei. Timnas U-19 unggul dengan skor 4-0.

Pesta gol! Timnas U-19 kembali menambah gol melalui Saddil Ramdhani di menit ke-61. Bebas dari kawalan bek Brunei, Saddil melepaskan tendangan terukur dari luar kotak penalti, bola melaju deras masuk ke dalam gawang Brunei. Skor berubah menjadi 5-0.

Dengan kemenangan ini, Timnas U-19 berhasil memuncaki klasemen Grup F dengan raihan poin 3. Dibuntuti dengan Malaysia dengan koleksi poin sama yakni 3. Sementara untuk Brunie, hasil ini membuat mereka terpuruk di dasar klasemen. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here