Pilih Kepala Daerah Berdasarkan Rekam Jejak

33
PELUNCURAN---Suasana acara peluncuran Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati PALI yang digelar KPU PALI, Sabtu (7/3/2020). (FOTO: SS1/HABIBI)

PALI, SumselSatu.com

Warga Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dihimbau untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati PALI 2020-2024 dengan memerhatikan rekam jejak atau track record keduanya.

“Memilih pemimpin yang baik berdasarkan track record atau rekam jejak calon kepala daerah. Misal, pernah ada kasus KDRT atau tidak?, pernah korupsi atau tidak?,” ujar Ilham Saputra, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Ilham menyampaikan hal itu pada acara peluncuran Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati PALI yang digelar KPU PALI, Sabtu (7/3/2020).

Ilham juga menyampaikan agar warga PALI memilih bupati dan wakil bupati yang memiliki visi dan misi memajukan daerahnya.

“Dan yang pasti pilih pemimpin yang mempunyai visi misi kemajuan di daerah,” kata Ilham.

Ia juga berharap seluruh warga PALI yang telah memiliki hak memilih untuk berpartisipasi dengan datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dan melakukan pencoblosan.

Sebelumnya lham menyampaikan, di 2020, ada 270 Pemilukada Provinsi/Kabupaten/Kota yang akan dilaksanakan serentak pada 23 September nanti.

“Kami siap menyukseskan Pilkada yang akan digelar serentak tahun ini. Serta kami juga siap diawasi, siap transparan dalam penggunaan bantuan dana hibah dari pemerintah,” kata Ilham.

Sebelum itu, Ketua KPU PALI Sunario, SE, menyampaikan, Pemilukada PALI 2020 merupakan yang kedua kalinya.

“Setelah pemekaran dari Kabupaten Muara Enim, pelaksanaan Pilkada PALI sebagian dilaksanakan oleh KPU kabupaten Muara Enim, dan menjelang pemungutan suara pada tahun 2015 baru dilaksanakan oleh KPU Kabupaten PALI,” katanya.

Dia mengatakan, pada 2015, angka partisipasi pemilih pada Pemilukada PALI mencapai 69%. KPU PALI menargetkan partisipasi pemilih meningkat menjadi 80% pada Pemilukada PALI 2020.

Bupati PALI Heri Amalindo juga menghimbau warga PALI agar tidak menjadi golput (golongan putih atau tidak menyalurkan hak pilih) pada 23 September 2020.

Heri juga berharap Pemilukada dapat berjalan aman.

“Boleh beda (pilihan-red), tetapi persatuan dan kesatuan harus tetap kita jaga,” kata Bupati PALI kepada semua yang hadir pada acara peluncuran Pemilukada PALI 2020.

Pada peluncuran Pemilukada PALI 2020 yang dilaksanakan di halaman parkir Stadion Gelora November, Kecamatan Talang Ubi, KPU PALI menghadirkan artis dari Jakarta, Virzha. Ada juga Baby Shima dari Malaysia, serta Andrigo. Pada siang harinya, juga digelar berbagai kompetisi jingle dance, marchingband, dan turnamen e-sport mobile legend.

Hadir pula Ketua KPU Provinsi Sumsel Kelly Mariana, dan Ketua DPRD PALI Asri AG, SH, serta undangan lainnya. #abi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here