PKL Buah Kian Marak di Jalinsum Baturaja, Eh Malah Diizinkan

38
Lapak-lapak milik PKL buah di sepanjang Jalinsum Baturaja

Baturaja, SumselSatu.com

Pemandangan berbeda terlihat di jalan Lintas Sumatera tepatnya tak jauh dari jembatan Ogan 4 wilayah Kelurahan Kemalaraja , Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), pedagang buah di tempat itu semakin bertambah. Bahkan jika dulu menggunakan kendaraan roda empat menjajakan buah di pinggir jalan sekarang ini mereka membuat lapak yang terkesan dadakan.

Hal ini mendapat perhatian pemerintah. Terlihat kemarin pihak kelurahan, Kecamatan dan Sat Pol PP turun ke lapangan untuk meninjau langsung kondisi pedagang di pinggir jalan lintas tersebut.

Lurah Kemalaraja, Sugiono saat dihubungi wartawan, Rabu (6/12/2017) mengaku memang benar mereka menemui pedagang di lokasi. Hasil mereka turun ke lapangan untuk sementara ini pedagang buah itu diberi kesempatan berjualan di sana.

Syaratnya meminta pedagang agar tidak mengganggu atau meletakan barang dagangan di badan jalan.

“Jadi kemarin untuk sementara ini kita minta mereka agar memundurkan lapak dagangan mereka. Ini juga untuk sementara. Selain itu kita mereka menjaga lingkungan,” ceritanya.

Disinggung banyaknya pedagang yang melakukan penimbunan lahan dengan tanah merah di area pinggir jalan, kata Lurah itu memang ada. “Lahan itu lahan pribadi milik masyarakat. Untuk sementara kita beri kesempatan untuk berdagang buah di sana,” katanya.

Kemarin kata, Sugiono mengatakan keberadaan pedagang buah di pinggir jalan lintas itu sudah di data. Jumlahnya mencapai sepuluhan bahkan belasan.

“Mereka akan kita kumpulkan dan panggil lagi untuk membuat surat pernyataan. Diantaranya agar mereka bisa menjaga lingkungan, tidak membuang sampah sembatangan dan jangan sampai menganggu lalulintas. Kita juga meminta agar pedagang menjaga pohon-pohon atau tanaman yang ditanam oleh pemerintah,” ungkapnya. #ori

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here