Ramadan, ASN Pulang 1 Jam Lebih Cepat

55
Gubernur Alex Noerdin (FOTO : SS1/Mardiansyah)

Palembang, SumselSatu.com

Selama bulan Ramadan, Aparatul Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan pulang lebih awal dibanding hari biasa. Jika pada hari biasa para ASN pulang pukul 16.00 WIB, pada bulan puasa ini pulang pukul 15.00 WIB atau satu jam lebih cepat.

Sekertaris Daerah (Sekda) Sumsel Nasrun Umar ditemui di Griya Agung usai pelantikan pejabat struktural di lingkup Pemrov Sumsel, Rabu (16/5), mengatakan, rutinitas jam kerja pegawai selama bulan puasa memang terjadi perubahan.

Selama Ramadan, jam masuk ASN agak siang dan pulangnya lebih cepat karena menghormati umat Islam menjalankan ibadah puasa. Selama Ramadan tak hanya perubahan jam kerja, tetapi apel yang dilaksanakan secara rutin, juga ditiadakan.

“Untuk Senin-Kamis pulang pukul 15.00, sedangkan Jumat pukul 15.30. Jam masuk kerja mulai pukul 08.00. Selama Ramadan tidak ada apel pagi, jam istrahat tetap ada pukul 12.00-13.00,” ujarnya.

Dengan adanya aturan tersebut, diharapkan ASN di lingkup Pemprov Sumsel dapat bekerja secara maksimal, sehingga pelayanan publik tidak terganggu.

“Namanya penyempurnaan, yang bagus kita tingkatkan, yang belum kita baguskan. Sesuai dengan perkembangan zaman,” tuturnya.

Sementara Gubernur Sumsel H Alex Noerdin saat ditemui di ruang kerjanya, mengatakan , seharusnya jam kerja ASN lebih diperpanjang selama bulan puasa.  Alasannya, karena menjadi suatu amalan tersendiri jika selama bulan puasa banyak bekerja, bukan berdiam diri menunggu waktu buka puasa.

“Harusnya ASN ini lebih panjang waktu kerjanya, daripada tidur-tiduran kan lebih baik banyak bekerja, kan bisa sekalian ngabuburit,” canda Alex dengan senyum khasnya.

Tak lupa pula Alex mengimbau masyarakat Sumsel, terutama bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa, harus bisa memanfaatkan momen penuh berkah ini untuk memperbanyak amalan dengan berbuat baik.

“Ini bulan baik, harus banyak berbuat baik. Tapi seharusnya setelah puasa ini tetap seperti itu, jangan selama puasa be nak berbuat baik,” tukas Alex. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here