Rapat Paripurna, Kursi Dewan Banyak Kosong

55
Jajaran kursi yang disediakan untuk anggota DPRD Sumsel terlihat banyak kosong saat rapat Paripurna Istimewa XIX, Rabu (23/5). (FOTO: SS1/Yanti)

Palembang, SumselSatu.com

Meski dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo namun hanya sedikit anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang hadir di rapat Paripurna Istimewa XIX beragendakan HUT ke-72 Provinsi Sumsel, Rabu (23/5).

Dari pantauan  di ruang rapat paripurna, banyak kursi kosong sementara anggota dewan yang telah hadir tampak mengenakan busana tradisional Palembang.

Plt Ketua DPRD Sumsel, Uzer Effendi saat dikonfirmasi mengungkapkan alasan beberapa anggotanya tak hadir di rapat tersebut.

“Yang pertama pasti macet, karena setelahnya beberapa ada yang berangsur mengisi. Kedua, ada beberapa teman dalam rangka tahun politik ini ikut dalam kegiatan partai yang tak bisa ditinggalkan. Tapi tetap, apapun alasannya ini akan menjadi catatan bagi kami,” ujar Uzer.

Uzer mengaku tidak nyaman dengan banyaknya ketidakhadiran para wakil rakyat, mengingat di momen rapat Paripurna Istimewa XIX tersebut dihadiri Mendagri Tjahjo Kumolo. “Ini catatan bagi kami, dan kedepan akan evaluasi dan gelar rapat pimpinan khusus dengan pimpinan rapat fraksi masing-masing, agar kedepan hal ini tak terulang lagi,” katanya.

Sementara  Gubernur Sumsel Alex Noerdin, menanggapi keadaan ini, mengaku cukup maklum dengan banyaknya anggota dewan tak hadir. Menurut Alex, ketidakhadiran wakil rakyat tersebut karena ada kepentingan lain atau tengah ikut kampanye. “Nanti saya cari tahu ya,” pungkasnya. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here