Realisasi APBD Palembang Baru Terwujud 35 Persen

130
Kantor Walikota Palembang

Palembang, Sumselsatu.com – Pemerintah Kota (Pemko) Palembang memasang target pencapaian Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang sebesar Rp3,2 triliun. Namun, yang tercapai pada semester pertama 2017 capaian anggaran yang terealisasi baru sebesar 35 persen.

Kondisi ini terjadi dikarenakan pihak kontraktor di tahun ini menagih setelah bangunan selesai, sehingga serapan keuangan masih sedikit.

“Semester pertama capaian anggaran baru 35 persen, sementara serapan anggaran fisik mencapai 60 persen,” kata Kepala Dinas Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palembang Hoyin, kemarin.

Menurut dia, sektor pendidikan menyerap anggaran sebesar 30 persen. Sektor kedua adalah kesehatan, dan ketiga infrastruktur sebanyak 10  persen.

“Pertama pendidikan, kedua kesehatan, ketiga infrastruktur dalam rangka pelaksanaan Asian Games 2018. Sementara untuk belanja langsung sebesar 55 persen dan 45 persen untuk belaja tidak langsung. Untuk pendidikan dan kesehatan tersebut termasuk dalam biaya langsung,” terangnya.

Selanjutnya, dari data Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD) Kota Palembang, realisasi target pajak per 22 Juni 2017 baru tercapai Rp282,3 miliar dari target Rp602 miliar. (Ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here